Antisipasi Lonjakan Covid-19 RSUD Abdol Moeloek Siagakan Tempat Tidur Pasien

Bandar Lampung (ISN) – Mengantisipasi lonjakan Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung sementara siagakan 100 tempat tidur bagi perawatan pasien. Dari total 250 unit tempat tidur yang ada. Jika nanti kurang amaka akan segera di lengkapi.

“Yang tersedia ada 100 unit dari total 250 unit tempat tidur. Tapi ini bisa ditingkatkan dengan cepat dalam hitungan jam kalau nanti ada kebutuhan penambahan unit tempat tidur bagi pasien,” kata Direktur RSUDAM dr Lukman Pura, Bandar Lampung, Sabtu (16/7/22).

Menurutnya peralatan bagi penanganan pasien terus tersedia, bersamaan dengan kesiapan tenaga medis dan tenaga keperawatan. “Semua memang harus disiapkan, sebab kita sudah dua tahun menghadapi ini sehingga kejadian sebelumnya jadi perbaikan di masa sekarang. Kasus Covid-19 ini memang diprediksi akan meningkat sesuai dengan pergerakan masyarakat dan aktivitas sehingga langkah kewaspadaan harus tetap dilakukan,” katanya.

Menurut Lukman Pura meski masih status pandemi kewaspadaan, pihaknya ikut mengantisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan. “Jadi memang saat ini masih dalam status pandemi dan kewaspadaan masih harus ditingkatkan untuk mencegah pertambahan kasus Covid-19,” ujarnya.

Terkait jika nanti terjadi peningkatan rujukan dari daerahnya, RSUD AM yang juga menjadi rujukan utama Covid-19 telah mempersiapkan penambahan tempat tidur bagi pasien. “Kami juga siagakan jumlah tempat tidur setiap saat bila ada peningkatan kasus, meski kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi,” ucapnya.

Untuk didaerah, kata Lukman, memang belum ada peningkatan secara signifikan, tapi tetap diiangatkan tentang protokol kesehatan yang harus ketat, terutama penggunaan masker dimana pun berada harus dipakai. “Jadi masyarakat juga ikut membantu rumah sakit, dari hulu sampai hilir harus saling membantu,” tambahnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung jumlah kasus Covid-19 di daerah itu pada dua hari ini yaitu Kamis (14/7) dan Jumat (15/7) mengalami peningkatan kasus sebanyak 12 kasus dan 10 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari hari sebelumnya yang hanya tiga kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

 1 total views,  1 views today