Bangunan Desa Mekar Asri di Duga Anggaran Siluman

 

LAMPUNG UTARA (ISN) – Mengenai dana desa menurut buku yang berjudul (Buku Pintar Dana Desa) di terbitkan Direktorat Jendral Perimbangan keuangan,Pemerintah senantiasa berupaya agar Dana Desa bisa semakin berpihak pada masyarakat miskin. Selain itu, regulasi yang disusun pun menghasilkan sistem pengelolaan Dana Desa yang efektif, efisien, dan akuntabel, sehingga tujuan Pemerintah melalui pengalokasian Dana Desa dapat terwujud. Untuk itu, diperlukan penguatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia, baik aparatur pemerintah desa, masyarakat, maupun tenaga pendampingan desa serta perbaikan transparansi, akuntabilitas, dan pengawasan dalam pengelolaan Dana Desa dan keuangan desa.senin 25/11/2019.

Diberitakan sebelumnya terkait pembangunan yang ada di desa Mekar Asri kecamatan Sungkai Tengah kabupaten Lampung Utara.terkait pemberitaan yang sementara di ketahui adanya pembangunan tower air yang diduga adalah bangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS),di lokasi bangunan tidak adanya papan informasi.kemudian juga pada pembangunan kantor desa setempat yang mana juga tidak ada papan informasi mengenai sumber dana dan jumlah anggaran yang di pergunakan.

“Untuk anggaran pamsimas,saya kurang paham(karena),itu kan ada ketuanya.Nama ketuanya saya lupa.(anggaran pembangunan kantor desa)saya juga kurang paham,”jelas suheri saat di konfirmasi melalui telpon.

Sementara masyarat setempat mengetahui pembangunan yang ada, adalah pembangunan yang di kelola oleh Suheri selaku kepala desa Mekar Asri.Dari hasil konfirmasi kepada Suheri selaku kepala desa, Mekara Asri,yang menyatakan bahawa dia tidak memahami dan lupa terkait anggaran dan bangunan yang ada.Muncul adanya dugaan ketidak transparanan dan informasi publik terhadap anggaran yang di kelola oleh Suheri kepala desa mekar asri di desanya.

Sesuai pada Buku Pintar Dana Desa dan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, yang mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik,sehingga Suheri di duga berencana akan melakukan penyimpangan terhadap anggaran dan bangunan yang sedang di kerjakan.

(fran)

 707 total views,  4 views today