Bupati Umar Ahmad Terima Anugerah Tjindarboemi Award kategori Kepala Daerah Inovator Kearifan Lokal dan Budaya 2019

TUBABA (ISN) – Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, Hi. Umar Ahmad, SP meraih penghargaan Tjindarboemi Award kategori Kepala Daerah Inovator Kearifan Lokal dan Budaya pada Malam Anugerah Tjindarboemi yang berlangsung di Wood Stairs, Bandar Lampung.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan diterima langsung Bupati Umar Ahmad, dan acara tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pekan Tjindarboemi tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung.
Jum’at 22/11/2019.

Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian, S.Kom, MH mengatakan, Anugerah Tjindarboemi merupakan tradisi yang dilakukan oleh PWI Provinsi Lampung sebagai bentuk apresiasi terhadap berbagai pihak yang telah berperan aktif terhadap perkembangan pers dan pembangunan di Provinsi Lampung.

“Kami berharap, Anugerah Tjindarboemi akan menjadi motivasi untuk terus berperan aktif dalam pembangunan di Lampung,”terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengungkapkan kekagumannya dan sangat mengapresiasi berbagai kemajuan di Provinsi Lampung, khususnya dalam hal pembangunan. Selain itu, secara khusus dia juga mengapresiasi atas adanya Anugerah Tjindarboemi yang dilaksanakan oleh PWI Lampung.

“Saya sangat mengapresiasi atas pembangunan di Lampung. Dulu saat memberikan uji kompetensi wartawan di Lampung, saya membayangkan akan ada jalan panjang di Lampung dan sekarang sudah terbukti dengan adanya jalan tol. Saya berharap kedepan Lampung akan semakin berjaya,”ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan sejumlah kepala daerah di Lampung, diantaranya Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, dan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Para bupati yang hadir tersebut juga mendapatkan penghargaan Tjindarboemi Award 2019. Selain itu, dihadiri sejumlah tokoh pers, pimpinan surat kabar cetak dan online, akademisi, dan budayawan, serta ratusan wartawan yang tergabung dalam wadah PWI.

Dalam sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memaparkan berbagai program pembangunan di Lampung, baik yang telah, sedang dan akan dilaksanakan kedepan, salah satunya adalah membangkitkan ekonomi kerakyatan. Di diakhir sambutannya, Gubernur tidak lupa mengajak seluruh insan pers agar terus bersinergi dengan pemerintah untuk Lampung lebih maju.

“Atas mana pemerintah daerah provinsi Lampung, saya Gubernur Lampung mengajak insan pers di Lampung untuk bersinergi membangun, agar masyarakat Lampung berjaya” pungkasnya

Untuk diketahui, Anugerah Tjindarboemi diberikan atas memaknai didedikasi salah satu Tokoh Perintis Pers Nasional asal Lampung, yakni Raden Aria Taher Tjindarboemi, seorang putra Lampung kelahiran Gunung Sugih 28 November 1902. Profesi jurnalis menjadi alatnya berjuang melawan kolonialisme yang membelenggu bangsa Indonesia kala itu.

Atas jasa-jasanya terhadap negara, pada 25 Juni 1970 Raden Aria Taher Tjindarboemi menerima anugerah Perintis Kemerdekaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Sebelumnya pada 31 Maret 1970, dia juga dianugerahi gelar Perintis Pers Indonesia. Sang pejuang dan wartawan pemberani itu tutup usia pada tahun 1978. Untuk mengenangnya, PWI Lampung juga mengabadikan nama Tjindarbumi sebagai nama penghargaan kepada mereka yang dinilai berjasa dan berdedikasi mendukung pengembangan pers di Provinsi Lampung.(put)

 241 total views,  1 views today