Desa Kalicinta BIMTEK Pelatihan Pakan Ternak,Masyarakat Butuh Bantuan Pemkab Lampung Utara

LAMPUNG UTARA (ISN)Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara Gelar bimbingan teknis (Bimtek) di balai desa setempat Selasa 03 Februari 2020 pukul 08: 00 sampai dengan selesai. Bimtek tersebut merupakan pelatihan Dalam pembuatan pakan ternak pengganti rumput yang di fermentasikan.

Kegiatan itu turut menghadirkan narasumber dari dinas peternakan lampung utara H.Johan Syahrizal,tim penyuluh pertanian lapangan (PPL) Ibu Iin,serta tim dari PDTI. Juga di hadiri pula perwakilan kecamatan korabumi utara,ketua kelompok tani kabupaten lampung utara H.Andi Prabowo,para tokoh,ketua kelompok tani dan para peternak desa Kalicinta.

Suparno selaku kepala desa mengatakan, bimbingan teknis tersebut merupakan bentuk dorongannya  terhadap masyarakat di desa kalicinta untuk dapat menambah penghasilan, “Saya berharap atas kegiatan ini, pertama untuk pembuatan pakan ternak yang di permentasikan dengan tujuan menghemat biaya, hemat waktu dan tenaga, selain bertujuan meningkatkan kualitas pakan ternak sehingga jadi lebih baik dan juga secara otomatis dapat menopang penghasilan para petani. Mengingat masyarakat kalicinta ini mayoritas peternak sapi dan kambing.

“ Dikarenakan begitu melimpahnya makanan ternak di musim hujan dan sebaliknya, sulit mendapatkan pakan ternak pada musim kemarau. Sehingga kami berupaya encari solusi, yang mana pakan ternak hasil permentasi ini bisa di awetkan dan dapat bertahan hingga kurun waktu enam bulan. “

“ Jenis-jenis pakan ternak yang dapat di fermentasi merupakan daun kering,dan jenis basahnya meliputi daun singkong dan batang pisang,”

‘ Kemudian kami masih kesulitan terkait alat pencacah pakan ternak (Caper) yang mana menurut saya selaku kepala desa kali cinta,di desa kami membutuhkan sekita 5 unit. Kami berharap kepada Pemkab lampung utara untuk dapat mensuport desa kami di bidang peternakan, “ tutup Suparno.

Kepala desa kalicinta menambahkan,dalam kegiatan itu juga ikut diberikan penyuluhan terkait cara pengembang biayakan sapi dan kambing, serta penanganan penyakit hewan ternak yang di sampaikan langsung ke masyarakat.

Senada yang di sampaikan para kelompok tani desa Kalicinta,mereka juga berharap selain membutuhkan adanya bantuan mesin pencacah pakan ternak (caper) dari pemerintahan, ada juga keluhan terkait tempat pengepulan urine ternak sebagai bahan pupuk organik cair yang di sampaikan perwakilan penyuluh pertanian lapangan (PPL) dalam bimtek desa kalicinta kecamatan Kotabumi Utara.

(Fran)

Loading