Desa Sinar Mas Alam Tahun 2022 Serap kucuran Anggaran 678 Juta, Ini Rinciannya!

LAMPUNG UTARA (ISN) – Pemerintah desa (Pemdes) Sinar Mas Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tahun 2022 ini bakal menyerap kucuran dana desa (DD) mencapai sekitar 678 juta rupiah.

Dari dana ratusan juta itu, sebagaimana dikutip pada Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 Tahun 2021 pada pasal 5 ayat 4 penggunaan DD tahun ini diwajibkan menyalurkan 3 program nasional yang menjadi skala prioritas.

Progam prioritas tersebut yaitu yang pertama menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) desa paling sedikit 40%, selanjutnya program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%, dan yang ketiga Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8%, dari alokasi DD.

Menurut Febri Agustian, sekertaris desa (Sekdes) Sinar Mas Alam mewakili kepala desa (Kades) Peri Ansyah menjelaskan penyaluran BLT 40% akan diberikan kepada 75 orang keluarga penerima manfaat (KPM).

“BLT kita realisasikan pekan depan yang akan disaksikan camat dan para pendamping desa. Pada tahap pertama ini dana BLT yang disalurkan mencapai Rp67.500.000, sedangkan secara keseluruhan hingga Rp.270.000.000 selama satu tahun ini,” jelasnya pada wartawan saat dijumpai Senin, 11 April, 2022.

Selain itu, Febri Agustian juga mengatakan program ketahanan pangan bakal dialokasikan pada pembangunan fisik infrastruktur jalan usaha tani.

“Ketahanan pangan 20% dari DD kita akan dibangunkan jalan rabat beton di dusun 2 Suka Wangi sepanjang 200 meter dengan kelebaran 2,5 meter senilai anggaran Rp.135.000.000. Tetapi pembangunan ini akan dilakukan pada realisasi DD tahap II mendatang, pada tahapan saat ini baru dimulai pembukaan badan jalannya saja,” tandas Febri.

Pantauan wartawan dilapangan, Peri Ansyah sebagai Kepala desa mampu mengelola anggaran secara transparan dan tepat guna, bahkan trobosan-trobosan yang dilakukannya mampu mendongkrak desa Sinar Mas Alam, Lampura ini menjadi wilayah berkembang dan maju, sehingga mampu berdaya saing dengan daerah lainnya.  (Putra)

Loading