Dukung World CUP U-20 PT. Angkasa Pura II Tandantangi MoU dengan Pemprov Sumsel

Jakarta, (ISN) – PT. Angkasa Pura II (Persero) mempersiapkan sejumlah bandara yang dikelola untuk mendukung penuh penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021 di Indonesia.

Pada Jumat, 4 Februari 2020, PT Angkasa Pura II menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pemprov Sumatera Selatan tentang Sinergi Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021 di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Penandatanganan MoU bertempat di Griya Agung Palembang, dilakukan oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Seperti diketahui, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, dan Palembang sendiri ditunjuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar sepak bola dunia tersebut.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan MoU ini bertujuan agar kedua pihak dapat lebih intensif membahas potensi kerja sama demi kesuksesaan penyelenggaraan piala dunia.

“Hal yang dibahas antara lain penyediaan fasilitas hospitality bagi berbagai pihak dan tentunya kontingen kesebelasan peserta FIFA U-21 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Sebagai pintu gerbang utama suatu wilayah, bandara memegang peranan penting di berbagai event termasuk yang berkelas dunia seperti piala dunia ini. Karena itu, kami berkomitmen menjaga nama baik Indonesia dengan memberikan hospitality yang baik saat kedatangan tim-tim peserta.”

“MoU ini juga mengacu pada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021,” ujar Muhammad Awaluddin.

PT Angkasa Pura II, lanjut Muhammad Awaluddin, akan mendirikan posko siaga dan sports corner di terminal bandara dalam menyambut pagelaran ini.

“Palembang akan banyak didatangi wisatawan, penikmat sepak bola, dan tentunya kontingen FIFA U-20 World Cup, yang sebagian besar menginjakkan kaki terlebih dahulu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Karena itu, kami akan memberikan penyambutan yang baik dan membangun atmosfer turnamen FIFA U-20 World Cup sejak di bandara,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menuturkan koordinasi dan kolaborasi pastinya juga dilakukan dengan Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021.

*Reputasi mendunia*
Adapun reputasi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sudah mendunia seiring dengan penerapan Transformation 1.0 dan Transformation 2.0 yang dijalankan PT Angkasa Pura II guna meningkatkan standar layanan dan operasional.

Bandara ini adalah pemenang Airport Service Quality Award 2019 yang digelar Airport Council International (ACI) untuk kategori Best Airport By Size & Region, Best Environment & Ambience, Best Customer Service dan Best Infrastructrue & Facility, untuk bandara kategori 2 – 5 juta penumpang.

“Ini menandakan fasilitas dan pelayanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II adalah salah satu yang terbaik di dunia untuk kategori bandara berkapasitas hingga 5 juta penumpang per tahun, dan kami akan menjaga standar ini termasuk dalam menyambut dan melepas peserta FIFA U-20 World Cup,” ujar Muhammad Awaluddin.

Dari sisi operasional, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sudah dilengkapi dengan infrastruktur sisi udara yang memadai.

Landas pacu (runway) di bandara ini memiliki dimensi 3.000 m x 45 m sehingga dapat digunakan untuk penerbangan pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Airbus A330, Boeing 777, hingga Boeing 747.

Di samping itu, bandara juga sudah memiliki stasiun light rail transit (LRT) yang langsung terhubungan dengan Palembang Jakabaring Sport City.

“Keberadaan LRT ini merupakan nilai tambah karena dapat menghadirkan moda transportasi alternatif dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin ke Palembang Jakabaring Sport City yang merupakan venue dari FIFA U-20 World Cup, sehingga dapat mempermudah perjalanan penonton, official peserta, dan berbagai pihak lainnya,” jelas Muhammad Awaluddin. (*)

Loading