Hak Jawab CV Sahabat Alam Atas Pemberitaan Revitalisasi SMAN 2 Pringsewu

Menanggapi pemberitaan yang telah diterbitkan oleh SKH Kandidat dan juga Intisarinews.co.id terkait revitalisasi SMAN 2 Pringsewu, maka  dengan ini kami selaku CV. Sahabat Alam akan memberikan komfirmasi dan penjelasan atas beberapa pernyataan (SKH) kandidat tentang pekerjan Revitalisasi SMA N 2 Pringsewu (DAK 2021) sebagai berikut.

Bahwa terkait dengan pemberitaan tentang alamat/domisili Perusahaan kami yang fiktif/tidak benar,

perlu kami jelaskan bahwa kami berdomisili di alamat tersebut sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini, dan secara hukum alamat korespodensi kantor kami tetap pada alamat tersebut sehingga tidak beralasan hukum jika alamat tersebut di katakan fiktif atau tidak benar.

Dan terkait dengan pernyataan dan pemberitaan yang menanyakan tentang ketidaksesuaian perencanaan dan hasil pekerjaan pembangunan revitalisasi SMAN 2 Pringsewu tahun 2021.

Jawaban/tanggapan :

Bahwa atas pekerjaan tersebut, kami selaku rekanan sudah mengerjakan sesuai dengan spesfikasi teknis/Kerangka Acuan Kerja (KAK) Teknis Kegiatan, volume dan standard kelayakan pekerjaan, dan selama pelaksanaan selalu berkonsultasi dengan konsultan pengawas lapangan. Bahwa untuk diketahui, pekerjaan yang kami laksanakan adalah berpegang pada dokumen kontrak kerja yang didalamnya telah termuat ketentuan-ketentuan dan besaran volume pekerjaan, sehingga tidak beralasan hukum jika dokumen perencaan lah yang harus menjadi pedoman bagi kami selaku rekanan.

Bahwa terkait surat konfirmasi dan pemberitaan tersebut, juga telah dilampirkan beberapa gambar/foto dan kami anggap perlu untuk di berikan penjelasan, sehingga poto-poto/gambar lampiran tersebut tidak menjadi dasar untuk membuat pemberitaan yang tendesius dan merugikan bagi kami selaku rekanan pelaksana pekerjaan tersebut;

Konfirmasi/Penjelasan atas Lampiran Gambar dalam pemberitaan cetak maupun online.

Jawaban:

Gambar 1 kondisi sekitar ruang kelas dan laboratorium.

  • Pekerjaan Pergantian Keramik ruang kelas sudah cukup dan sesuai dengan luasan/volume

dan Spesifikasi di RAB kontrak, sehingga ada bagian teras tidak tersentuh perbaikan,

bahkan kami selaku rekanan sudah menambahkan beberapa puluh kotak keramik, sehingga

bila dihitung volume pekerjaan keramik sudah lebih dari volume di RAB kontrak.

  • Untuk pekerjaan rabat beton volume yang ada di RAB hanya 0,85 m3, sehingga tidak
  • semua rabat dapat tersentuh dan diperbaiki.

Gambar 2 tentang gedung laboratorium.

  • Pada pekerjaan ruang Laboraturium kami selaku rekanan sudah mengerjakan sesuai dengan spesfikasi teknis/KAK teknis kegiatan, volume dan standard kelayakan pekerjaan, sehingga dari volume lantai di RAB hanya cukup untuk didalam ruangan.
  • Untuk profil batu pada dinding, tidak ada pekerjaanya didalam RAB kontrak.

Gambar 3 tentang ruang kelas.

  • Untuk pekerjaan Plafond, kami selaku rekanan sudah mengerjakan pekerjaan sesuai dengan spek dan volume di RAB kontrak
  • Untuk ruang kelas, tidak ada pekerjaan perbaikan dinding/tembok.

Demikian jawaban dari kami, sebagai bentuk menghormati profesi jurnalis sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, serta kode etik jurnalistik, sehingga berita dan pemberitaan yang di terbitkan meminimalisir potensi terjadinya tindak pidana pencemaran nama baik dan fitnah.

Hak jawab ini kami terbitkan sebagai satu dari butir kesepakatan mediasi yang dilakukan oleh dewan pers. karena pemberitaan kami dinilai oleh Dewan Pers melanggar kode etik Jurnalistik. Dan kami menyampaikan permohonan maaf kepada CV sahabat alam dan pembaca Harian Kandidat dan Intisarinews.co.id.  (*)

 

Berikut kami lampirkan Berita terkait SMAN 2  Pringsewu yang dinilai oleh dewan Pers telah melanggar kode etik jurnalistik.

https://www.intisarinews.co.id/menelisik-amburadulnya-revitalisasi-sman-2-pringsewu/

https://www.intisarinews.co.id/nyolong-revitalisasi-sman2-pringsewu-tak-sesuai-perencanaan/

https://www.intisarinews.co.id/pekerjaan-amburadul-cv-sahabat-alam-gunakan-alamat-fiktif/

https://www.intisarinews.co.id/cv-sahabat-alam-sebut-revitalisasi-sman-2-pringsewu-sesuai-volume/

https://www.intisarinews.co.id/pelaksana-klaim-pekerjaan-sesuai-spek-ini-tanggapan-ahli-terkait-revitalisasi-sman-2-pringsewu/

 4 total views,  4 views today