Ir. Alimin Abdullah: Empat Pilar Untuk Indonesia Lebih Kuat, Maju dan Bermartabat

TULANGBAWANG BARAT (ISN) – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) di berikan tanggung jawab untuk mensosialisasikan empat pilar MPR RI kepada seluruh masyarakat Indonesia mempunyai tujuan di antaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, anggota DPR RI dari Fraksi PAN yang juga anggota MPR RI, Ir. Alimin Abdullah, terus menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI ke daerah pemilihan Lampung II sebagai bentung tanggung jawab sebagai wakil rakyat di senayan. Kegiatan kali ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di Tiyuh Tunas Asri dan Tiyuh Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat ( Jum’at (11/12/2020).

Kegiatan Alimin Abdullah di pagi hari diawali di Tiyuh Tunas Asri, di sini Alimin mengatakan bahwa selain sosialisasi kegiatan ini untuk wadah silaturahmi sekaligus memberikan semangat dalam situasi pandemi Covid-19 agar terus melakukan pengabdian kepada masyarakat, walaupun dalam kekurangan dan halangan yang dihadapinya.

Karenya, Alimin berharap kepada masyarakat yang hadir untuk menerapkan mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari juga meneruskan kepada keluarga dan lingkungan sehingga  persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terus terjalin.

Lebih lanjut Alimin mengatakan, dalam kondisi adanya situasi pandemi Covid-19 ini banyak sekali masukan yang didapati dari masyarakat konstituennya untuk dibawa kadalam rapat baik di MPR dan DPR RI nanti.

Selain itu, menurut Alimim , empat Pilar MPR RI penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia, menurut dia, agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh, serta masyarakat bisa memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, yakni UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Sosialisasi Empat Pilar ini menjadi penting karena ada tanggungjawab kita bersama untuk membentengi diri kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa,” kata Alimin

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat Indonesia akan semakin kuat dalam menghadapi tantangan jaman, serta tetap terjaganya rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa.

Menurut Alimin, MPR sebagai lembaga negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945 yang salah satunya dengan terus mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI .

Begitupun saat menggelar sosialisasi di Tiyuh Mulya Asri siang harinya, Alimin merasa bahwa masyarakat pasca reformasi perlu terus menerus diberikan pemahaman tentang Empat Pilar, sehingga untuk menghadapi masa depan bangsa ini akan lebih tegak dan kokoh dalam berbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi.

Kebebasan berpendapat memang menandai lahirnya era reformasi, tapi seringkali kebebasan tersebut dimaknai bebas tanpa batas. Kesalahan pemahaman tersebut menyebabkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial.

“Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan. Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih kuat, maju dan bermartabat,” tandas anggota Komisi I DPR RI ini . (*)

Loading