Jelang Bulan Suci Ramadhan Pemkab Tubaba Monitoring Pusat Perbelanjaan

TUBABA (ISN) – Menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat telah melakukan monitoring ke sejumlah pusat perbelanjaan mulai dari warung waralaba hingga pasar Kelurahan Panaragan Jaya, pasar modern Tiyuh (Desa) Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah serta pasar Kelurahan Daya Murni Kecamatan Tumijajar.

Monitoring yang dilakukan oleh Pemkab Tubaba melalui Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah itu guna memantau ketersediaan bahan pokok dan menekan kenaikan harga serta mengecek kualitas barang dagangan.

Hasil monitoring ditemukan adanya pedagang melakukan penjualan boraks, juga terdapat pedagang yang menjual daging ayam tidak layak konsumsi. Akhirnya, kedua pedagang tersebut dilakukan pembinaan dan diminta untuk memusnahkan barang dagangannya tersebut.

Suwardi, SE.,MM, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemkab Tubaba mengatakan timnya akan terus melakukan pembinaan terhadap para pedagang, sehingga tidak lagi ditemukan dagangan yang tak layak konsumsi.

“Kita lakukan pembinaan dan memberikan wawasan, karena tidak semua pedagang paham kualitas, terkadang mereka tidak tahu layak atau tidaknya barang dagangannya,” Ujar Suwardi ketika diwawancarai wartawan diruang kerjanya pada Rabu, 30 Maret, 2022.

Suwardi juga mengklaim ketersediaan stok bahan pokok di pasaran bakal aman hingga hari raya Idul Fitri mendatang. Stokg yang melimpah ruah saat ini juga dapat berdampak pada harga jual pasaran.

“Untuk saat ini hingga Idul Fitri stok sembako dan penunjang lainnya cukup. Biasanya terjadinya kelonjakan harga lantaran permintaan banyak namun stok sedikit, maka terjadilah hukum ekonominya disitu. Tapi saat inikan ketersediaannya memadai, jadi kecil kemungkinan akan terjadi kelonjakan harga,” tandasnya.

(Putra/Jalal)

Loading