Kandidat Ketua PWI Diminta Kedepankan Demokrasi

WAY KANAN (ISN) – Pemegang hak suara pada Konferensi Provinsi (Konferprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung awal Desember 2021 mendatang, meminta para kandidat yang maju Pemilihan Ketua untuk mengedepankan semangat demokrasi. Berkompetisilah secara fair agar tidak memecah belah kekompakan pengurus dan anggota hingga kabupaten/kota.

“Kami bisa melihat kerja-kerja nyata para kandidat. Kami meyakini semua bakal calon yang maju adalah yang terbaik. Jadi tidak elok rasanya menyebarkan citra buruk yang belum tentu bemar dan dapat diperdebatkan,” ungkap Ketua Seksi Organisasi PWI Way Kanan Demsi saat kunjungan Sekretaris PWI Lampung Nizwar ke Balai Wartawan Way Kanan, Jumat (8/10/2021) siang.

Selain itu, Demsi juga berharap PWI Provinsi Lampung dapat memberikan kejelasan terhadap proses perpanjangan Kartu Tanda Anggota (KTA). Sehingga anggota PWI di Kabupaten Way Kanan mendapatkan kepastian, apakah bisa menualurkan hak suaranya tanpa dorongan dan intervensi pihak-pigak tertentu.

“Paska menggelar Konferensi Kabupaten Way Kanan pada April lalu, sejumlah anggota kami termasuk saya belum menerima kembali KTA. Apakah sedang dalam proses atau memamg tjdam bisa diperpanjang. Kami ingin mendapatkan kejelasan,” ucap Demsi.

Menanggapinya, Nizwar memastikan para kandidat yang telah bermunculan termasuk dirinya punya semangat berbuat yang yerbaik untuk PWI. Karena itu, ia meyakinkan bahwa para kandidat ini tetap menghormati proses demokrasi yang akan berlangsung. Ini sekaligus pembelajaran bagi kader-kader muda PWI.

“Para kandidat adalah senior, dan sahabat-sahabat saya selama 21 tahun menjalani profesi (wartawan) ini. Mereka semua memiliki kapasitas dan kualitas yang tidak perlu kita ragukan lagi. Yakinlah kami semua punya semangat berdemokrasi yang baik dan juga berbuat yang terbaik untuk organisasi yang kita banggakan ini,” jelas Nizwar.

Terkait persoalan perpanjangan KTA, Nizwar berjanji segera melakukan pengecekan ke sekretariat PWI. Namun demikian, ia juga meminta pengurus pleno dapat mengirimkan surat secara resmi ke PWI Lampung untuk mempertanyakan hal tersebut.

“Sejak Jumat lpekan lalu, kami telah mengunjungi sejumkah daerah, persoalannya nyaris sama. Nanti kami melakukan pengecekan ke sekretariat,” janji Nizwar.

Sementara itu, Ketua PWI Way Kanan Novita Sari meminta maaf kepada seluruh anggota dan pengurus PWI setempat, dimana undangan yang ia sampaikan bukan berarti upaya untuk dukung mendukung calon melainkan agar semua menjadi terbuka dan bebas, menetukan pilihan.

“Tidak ada upaya intervensi. Silakan kawan – kawan dapat menentukan pilihannya sesuai dengan kata hati. Saya rasa kehadiran Bang Nizwar ke Way Kanan ini agar kita semua tidak seperti beli buah dalam karung. Demikian pula harapan kita dengan calon calon yang lain, untuk dapat hadir di Way Kanan dan memaparkan visi dan misinya untuk kita rekam dan kaji masing masing sebelum menetukan pilihan. Apalagi saat ini belum ada calon melainkan baru bakal calon,” ujarnya.

Diketahui, kunjungan Nizwar didampingi Wakil Sekretaris Abdullah Al Mas’ud, Bendahara Hi. Rio Elkana Adil, dan pengurus Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Lampung Hi. Syahroni Yusuf.

Rombongan diterima Penasehat Hi. Hermansyah dan Hi. Ferry, Ketua PWI Way Kanan Novita Saro, Sekretaris Teddy Heriyanto, Bendahara Azhari Ardian, dan sejumlah pengurus lainnya. (*)

 10 total views,  1 views today