Kepala Dinas Sosial Lampung Sumarju Hadiri family gathering LKS

Bandar Lampung (ISN) – Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni menghadiri acara rekreasi dan family gathering bagi lanjut usia binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Bina Insan Mandiri (28/10) di Lembah Hijau, Bandar Lampung.

Sebanyak 75 orang nenek-nenek yang mendapatkan program day care (pelayanan harian) yang berasal dari Desa Purworejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran melakukan senam lansia dan berekreasi melepaskan kepenatan sehari-hari. Senam Lansia memang dilaksanakan seminggu sekali di Balai Desa Purworejo namun bedanya kali ini senamnya di tempat rekreasi alam Lembah Hijau, Bandar Lampung.

Terungkap oleh mbah Ribut yang setiap harinya ngurusin cucu dan  ayam kampung yang tidak seberapa dengan mata yg berbinar-binar setelah senam bersama menandakan kebahagiaan mengatakan “coba acara rekreasi semacam ini dilaksanakan seminggu sekali pasti mbah-mbah ini pada sehat-sehat dan panjang umur” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Sumarju bahwa tujuan dari program day care ini adalah meningkatkan keberfungsian sosial melalui kegiatan aktifitas sehari-hari lanjut usia.

Kegiatan day care dilaksanakan oleh LKS dengan aktivitas yang dilakukan memberikan pelayanan kepada lanjut usia dengan cara pemberian aktifitas sehari-hari di dalam lembaga selama maksimal 8 jam dan tidak menginap di lembaga atau panti.

Para lansia tidak menerima bantuan dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk pemberian pelayanan seperti pemeriksaan kesehatan, penambahan nutrisi makanan lansia, bimbingan fisik dan mental spiritual.

Bentuk rehabilitasi sosial pada program day care adalah; motivasi dan diagnosis psikososial; perawatan dan pengasuhan; bimbingan mental spiritual; bimbingan fisik; bimbingan sosial dan konseling psikososial; pelayanan aksesibilitas; bimbingan resosialisasi; bimbingan lanjut; dan/atau rujukan. Katanya.

Kepada pengurus LKS Bina Insan Mandiri, Sumarju mengharapkan agar LKS mendorong terbentuknya wadah organisasi bagi Lansia dengan nama “Karang Lansia” pada masing-masing Desa/Kelurahan. Karang Lansia sebagai wadah aktifitas para Lansia seperti pemeriksaan kesehatan, senam bersama, tausiah keagamaan, bahkan usaha produktif seperti merajut, menganyam, dll. Pungkasnya.

Ketua LKS Bina Insan Mandiri, Irzin Abdullah mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 75 orang semuanya perempuan (nenek-nenek). Dari Desa Purworejo  menumpang bus sekolah milik Pemerintah Kabupaten Pesawaran menuju Lembah Hijau. “Bagaikan mendampingi anak-anak siswa Taman Kanak-Kanak (TK) para nenek-nenek pada bernyanyi-nyanyi sambil berjoget ria”.

Semoga dengan kegiatan ini peserta terhibur dan sehat selalu. Pungkasnya. (Ppid-Dinsos).

Loading