Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung Gelar prosesi pelepasan AKBP Hadi Saepul Rahman

LAMPUNG BARAT (ISN) – Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung menggelar prosesi pelepasan AKBP Hadi Saepul Rahman, S.I.K., M.M, yang semula menjabat sebagai Kapolres Lampung Barat, dan kini berpindah tugas ke Polda Banten sebagai Wakil Komandan Satuan (Wadansat) Brimob. Rangkaian prosesi pelepasan oleh Masyarakat Adat Kepaksian Pernong. Bertempat di Gedung Dalom Kepaksian Pernong. Kamis (30/6).

Prosesi tersebut digelar karena AKBP Hadi Saepul Rahman, telah dianggap sebagai bagian dari keluarga besar Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Lampung.

Dalam prosesi tersebut, hadir Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin dan Ir. Marga Jaya Diningrat Gelar Dalom Simbangan mewakili Paduka Yang Mulia (PYM) Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23.

Menyampaikan pesan PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong serta mewakili Keluarga Besar Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Drs. H. Mad Hasnurin mengungkapkan, AKBP Hadi Saepul Rahman yang telah menjabat sebagai Kapolres Lampung Barat telah dianggap sebagai bagian daripada Kerabat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Lampung, karenanya prosesi pelepasan di Gedung Dalom merupakan suatu ungkapan rasa bangga atas diembannya amanah yang baru sekaligus ucapan terimakasih atas kebersamaan selama ini dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat di wilayah Lampung Barat, serta bersinergi menjunjung tinggi adat istiadat di bumi Sekala Bekhak dengan nilai-nilai kebaikan yang mengutamakan Adab.

“Beliau adalah sosok yang mampu berbaur dengan masyarakat adat, dan konsisten dalam mendukung pelestarian adat budaya di Lampung Barat, beliau juga telah dianggap sebagai Kerabat Gedung Dalom Kepaksian Pernong, sehingga pelepasan ini tentunya merupakan ucapan terimakasih sekaligus wujud syukur atas jabatan baru yang diterima, dan tentunya silaturahmi kedepan dengan Gedung Dalom Kepaksian Pernong diharapkan dapat terus terjalin,” ungkap Mad Hasnurin.

Disisi lain saat menyampaikan sambutannya AKBP Hadi Saepul Rahman tidak mampu menyembunyikan rasa harunya, beliau mengucapkan terimakasih atas segala penerimaan, segala kebaikan, sinergitas dan kebersamaan.

Pria kelahiran Cianjur Jawa Barat ink menegaskan pada saat ini dan sampai kapanpun, akan tetap menjadi bagian daripada Keluarga Besar Gedung Dalom Kepaksian Pernong.

“Ini adalah suatu kebahagian bagi saya, dan pengakuan dari Keluarga Besar Kepaksian Pernong ini sangat luar biasa bagi saya, kemudian saya dan keluarga semua izin undur diri dari Lampung Barat khususnya dari para khalayak Masyarakat Adat, kami mohon doa restu, yang nantinya kami akan melaksanakan tugas yang baru,” Pungkasnya.

Dalam Prosesi pelepasan dilanjutkan dengan penyerahan Cindramata oleh Ir. Marga Jaya Diningrat kepada AKBP Hadi Saepul Rahman berupa Kawokh Bukkok (Bambu Buntu) sebagai tanda silaturahmi yang Inshaa Allah terus terjalin dan terjaga.

Turut hadir pula Komandan Kodim 0422 Lampung Barat Letkol CZI Anthon Wibowo, Para Pendekar Hulubalang dari Way Suluh Pesisir Barat, Hulubalang Wilayah Suoh Lampung Barat, Para Raja Pengappungan Batin dan Para Raja Jukkuan Paksi se Kepaksian Pernong, Sekretariat Gedung Dalom Serta masyarakat Adat Kepaksian Pernong. (*)

Loading