Ketua Dekranasda Lampung Lepas Rombongan Perajin dan Pengusaha Batik

Bandar Lampung  (ISN) —Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal melepas rombongan Perajin dan Pengusaha Batik Lampung untuk melakukan Pelatihan dan Ziarah Batik di Pulau Jawa, bertempat di Mahan Agung, Jum’at (4/2).

Perajin dan Pengusaha Batik yang tergabung dalam Perkumpulan Perajin dan Pengusaha Batik Lampung diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung.

Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Laila Al Husna dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan diikuti oleh perwakilan perajin dan pengusaha batik dari Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

Perajin dan Pengusaha Batik Lampung akan mengikuti Pengukuhan dan Pelatihan Ziarah Batik di 3 Provinsi di Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta.

Perajin dan Pengusaha Batik Lampung juga membawa misi untuk memasarkan produk – produk Batik Lampung agar lebih dikenal di Indonesia.

Rombongan direncanakan akan mengikuti pelatihan membatik di Jawa Barat, Pekalongan, Jogjakarta dan Solo.

Sementara itu Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa Potensi produk kerajinan di Lampung sangat besar dan dapat dikembangkan sehingga memiliki kesempatan untuk bersaing dengan daerah lain di Indonesia dan dikenal oleh masyarakat.

Batik Lampung juga menjadi sumber inspirasi bagi beberapa desainer nasional, sehingga merupakan peluang untuk mengembangkan produk batik Lampung.

Riana Sari berpesan kepada para perajin dan pengusaha batik yang mengikuti kegiatan Ziarah Batik agar terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan inovasi untuk kemajuan Batik Lampung.

“Kegiatan ini hendaknya menjadi titik pijak bagi para perajin dan pengusaha batik Lampung untuk mengembangkan batik Lampung sehingga dapat bersaing dengan daerah lain di Indonesia”, ucap Riana Sari.

Ketua Dekranasda juga berpesan kepada para peserta Ziarah Batik dari Lampung agar tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan disetiap kesempatan.

“Harapan saya dalam mengikuti kegiatan ini agar tetap menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 masih berlangsung”, pungkasnya.

Pelepasan rombongan ditandai dengan pengibaran bendera Dekranasda Provinsi Lampung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dari halaman Mahan Agung.

Turut mendampingi dalam kegiatan pelepasan perajin dan pengusaha batik Lampung, Kepala Dinas PPPA, Fitrianita Damhuri, S.STP, M.Si dan pengurus Dekranasda Provinsi Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

 

 7 total views,  1 views today