Lencana Kerajaan Simbol Merawat Kekerabatan

LAMPUNG TIMUR (ISN) – Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Penong, Gelar Sultan Sekala Bekhak yang dipertuan Ke-23, Kepaksian pernong, mengunjungi kampung Negara Batin, kecamatan Jabung Lampung Timur, dalam rangka anjau silau. Rabu (19/1).

Dikatakan Pangeran Edward bahwa kehadirannya ke kampung Negara Batin dalam rangka anjau silau dan sekaligus melakukan penyematan pin atau lencana kerajaan kepada keluarga besar tokoh adat yang ada di Jabung.

“Penyematan lencana kerajaan adalah salah satu bentuk untuk mempererat silaturahmi, merawat dan melestarikan hubungan silaturahmi kekerabatan kita semua, semoga dengan adanya kegiatan silaturahmi seperti ini hubungan kita semua terus terhubung sebagai keluarga,” terang SPDB Pangeran Edward.

Sementaran, dikatakan oleh Heri Febriansyah ketua lembaga adat Makhgo Sekampung Libo Tiyuh Negara Batin yang juga merupakan tuan rumah bahwa, kehadiran Sultan Sekala Bekhak ini, bukanlah kunjungan yang pertama kali, merupakan kunjungan kesekian kalinya.

” Ini bukan kali pertama paduka hadir, dan dalam kesempatan kehadiran beliau kali ini, yakni dalam rangka anjau silau untuk mempererat jalinan persaudaraan, sehingga tercipta kerukunan,” katanya.

Sebagai simbol pererat hubungan, PYM SPDB Pangeran Edward Syah Penong, Gelar Sultan Sekala Bekhak yang dipertuan Ke-23, Kepaksian pernong, menyematkan lencana kerajaan pada tokoh adat Raja Peniyuhan Negara Batin, Negara Saka, dan Jabung. Serta penyimbang Bumi Desa Negara Batin, Negara Saka, Jabung, dan juga dari penggiat adat ( perguruan pencak silat Kumango Putih, Sanggar Seni Talo Balak, Lembaga Adat Makhgo Sekampung Libo).

Adapun nama-nama yang disematkan pin oleh paduka yaitu :

Negara Batin
1. Dalom Nihan Yusuf
2. Dalom sangun saparudin
3. Terujungan saleh
4. Temenggung Usin
5. Pangeran samsudin

Jabung
1. Dalom tihang abu usin
2. Pangeran pukuk agus
3. Pengeran puccak abdul manan
4. Dalok kiyai rahman

Negara Saka
1. Pangeran rajoniti husin

Penggiat adat
1. Radin panji solihin (ketua lembaga adat makhgo sekampung libo)
2. Ismail (perguruan pecak silat kumango putih)
3. Radin mangku marjuna (sanggar seni talo balak)
4. Radin batin Nur (sanggar seni tabuh kulintang)
5. Nyimbang batin Heri febriansyah (lembaga adat makhgo sekampung libo tiyuh negara batin). (PUT)

Loading