Masyarakat Tanpa Riba Konsisten Terhadap Problem Keummatan

Jakarta, (ISN) – Konsisten peduli terhadap problem-problem sosial keummatan, Masyarakat Tanpa Riba (MTR) Care yang dimotori oleh pegiat – pegiat MTR di setiap daerah, selalu bergerak cepat ketika bencana datang untuk meringankan beban korban terdampak.

Saat gempa bumi menggoncang Mamuju dan Majene Sulawesi Barat 13 Januari lalu, pegiat MTR dari Makassar bergerak merapat ke lokasi bencana.

Begitupun ketika wilayah Kalimantan Selatan dilanda air bah, pegiat MTR di Banjarmasin dan sekitarnya dengan segera mengirimkan bantuan ke lokasi banjir. Tidak ketinggalan para pegiat MTR Jawa Barat, langsung bergerak memobilisasi relawan dan bantuan ke lokasi bencana longsor di Sumedang.

Kontribusi MTR Care untuk meringankan korban bencana diwujudkan dalam berbagai bentuk bantuan, baik yang berbentuk materiil maupun immaterial. Di Sumedang misalnya.

Sabandi Ismadi salah satu pegiat MTR Jakarta yang juga pengusaha Minyak dan Gas mengungkapkan, pihaknya memberikan bantuan dalam bentuk popok balita, pakaian dalam, celana panjang dewasa, masker, beras, mie instan, ikan kaleng, minyak goreng, gula, buku gambar dan lainnya.

“Kami langsung datang ke lokasi longsor untuk membantu teman-teman pegiat MTR Jawa Barat yang terlibat dalam kegiatan MTR Care di sana,” papar Sabandi, Kamis (28/1/2021).

“Kami sangat berterima kasih kepada kawan kawan MTR Care Jakarta yang menyempatkan datang membawa bantuan 100 paket sembako dan barang lainnya. Kami akan bagikan kepada korban yang terdampak bencana,” ujar Moekti Chandra koordinator relawan di lokasi bencana.

Selain bantuan material, kepedulian MTR Care terhadap korban bencana juga diwujudkan dalam bentuk dukungan moral immaterial. Misalnya dengan membantu berkontribusi dalam proses pemulihan trauma dan penyembuhan mental para korban bencana.

“Kami selalu berusaha hadir di tengah – tengah masyarakat, turut serta dalam upaya kebangkitan ummat. Kami sudah programkan untuk selalu bisa berkontribusi di setiap bencana,” tambah Haerul salah satu pengurus nasional MTR Care yang juga pengusaha Kuliner Kopi Mantaap.

Masyarakat Tanpa Riba (MTR) adalah komunitas masyarakat yang sudah terbebas dari masalah utang dan bercita-cita mendapatkan keberlimpahan bisnis yang berkah bebas dari riba. Program-program MTR mengarah pada bentuk program bela Negara di bidang ketahanan ekonomi keuangan. Di dalam komunitas ini, juga terdapat divisi MTR Care yang mengemban misi-misi sosial kemanusiaan.

Tak hanya dalam kondisi darurat, di luar situasi bencanapun MTR selalu berupaya untuk bisa berkontribusi menjalankan program-program sosial ekonomi. Kegiatan sosial inovatif yang sedang berlangsung adalah program Air Minum Gratis yang sudah dijalankan di 9 titik lokasi di Jakarta dan Bekasi.

Kiprah sosial kemasyarakatan MTR bisa diikuti di channel youtube masyarakattanpariba atau mtrcare.com atau @mtrcare. (R)

Loading