MENUMBUHKAN KEMBALI WAWASAN KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR

LAMPUNG UTARA (ISN) Ir. Alimin Abdullah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Sabtu (01/10/2022), menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan atau Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang diselenggarakan di Kotabumi Kabupaten Lampung Utara.
Dalam kesempatan itu, anggota MPR RI dapil Lampung II yang menjadi narasumber pada sosialisasi ini mengatakan bahwa “Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara”

Alimin menegakan, bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga negara Republik Indonesia pada umumnya, dan bagi masyarakat yang sempat ikut acara sosialisasi secara langsung khususnya.

“Empat pilar MPR RI ini memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat. Gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar MPR RI” sebut Alimin Abdullah.

Selain itu, Alimin Abdullah juga menyampaikan, kekawatirannya akan mulai hilangnya diskusi kenegaraan. Menurutnya, saat ini diskusi yang muncul adalah diskusi kepemimpinan pribadi. “Sosialisasi dan diskusi ini sangat penting guna membangkitkan kembali semangat dan wawasan kebangsaan,” pungkas Alimin

Dengan mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, Anggota Komisi IV DPR RI ini berharap, peserta dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan. Sehingga, mampu pula menjelaskan dan menanamkan Empat Pilar ini sejak dini, minimal di lingkungan keluarga dan lingkungan terdekat dalam kehidupan sehari-hari guna menanamkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang menjadi modal dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Lanjutan dalam paparannya, Alimin menjelaskan tentang krusialnya Empat Pilar MPR RI sebagai bagian terpenting dari NKRI, mengaitkannya dengan berbagai persoalan bangsa dan tantangan ke depan.

“Pancasila sudah menjadi keyakinan bangsa Indonesia sebagai dasar negara dan memayungi UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Maka, Empat Pilar Kebangsaan akan menjadi nilai dan kekuatan bangsa yang tak akan terpisahkan oleh gelombang zaman,” ucap anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PAN daerah pemilihan Lampung II, yang juga adalah putra daerah Lampung Utara tersebut.

Sebab, lanjutnya, Empat Pilar ini sangat lentur dengan berbagai tuntutan dan tantangan perubahan. Oleh karena itu Ia berpesan, kepada masyarakat Empat Pilar MPR RI ini dititipkan. “Maka rawat dan jagalah semuanya sebagaimana kami juga telah mengawalnya dengan berbagai benturan kepentingan yang makin dahsyat,” kata Alimin.

Ia mengatakan, dengan integritas dan komitmen bersama, Empat Pilar MPR RI tersebut akan semakin kokoh, semakin mewarnai keberlanjutan dan dinamika kebangsaan ke depan. “Empat Pilar Kebangsaan ini harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar setiap kita menjadi manusia yang berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pesannya. (*)

Loading