Mulyadi Kades Abung Jayo Terancam Bui

Mulyadi di Duga Marah Sambil Teriak, Hingga Massa kerumuni Wartawan PWRI

 LAMPUNG UTARA (ISN) – Dugaan pelanggaran UU Pers oleh Mulyadi kepala desa Abung Jayo kecamatan Abung Selatan terhadap para Jurnalis Tim PWRI DPC Lampung Utara dalam keadaan bertugas. Yang mana,kini  kasus tersebut telah di laporkan ke kantor polisi polres Lampura.Selasa (14/04).

Dikatakan Doni Mansyah saat di konfrmasi, bahwa proses hukum sedang di jalani. “ Saya sedang di Polres (Lampung Utara) menemani anggota (PWRI) laporan,dalam kejadian itu ada beberapa anggota wartawan yang tergabung di DPC PWRI,ada Toni sekertaris,Basirun dan yang lain. Kami juga sudah Koordinasi dengan ketua umum PWRI di pusat untuk langkah-langkah hukum, “jelas ketua DPC PWRI Lampung Utara.

Singkat di katakan Doni, awal mula kejadian itu berawal atas konfirmsi terkait dana desa tahun 2019 yang mana mengandung dugaan penyalahan realisasi di lapangan, setelah sebelumnya di konfirmasi pada Surono  ketua TPK, dan Pendamping desa.

Berita Terkait: https://www.intisarinews.co.id/dugaan-pelanggaran-uu-perspwri-lampura-polisikan-kades-abung-jayo/

Sementara menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,pada Pasal 4. Disebutkan ” kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.” Yang dimaksud dalam pasal ini, seperti tertulis pada bagian penjelasan, adalah pers bebas dari “tindakan pencegahan, pelarangan, dan atau penekanan agar hak masyarakat untuk memperoleh informasi terjamin.”

Kemudian, pengeroyokan dan penganiayaan juga termasuk tindakan pidana berdasarkan Pasal 170 KUHP. Hukumannya paling lama lima tahun enam bulan.

Sanksi itu diatur dalam Pasal 18. Di sana disebutkan barang siapa yang dengan sengaja melakukan tindakan yang mengakibatkan terhambatnya kemerdekaan pers “dipidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp500 juta.”

Ditayangkannya berita ini Mullyadi,kepala desa Abung Jayo kecamatan Abung Selatan Belum Dapat menjawab telpon Konfirmasi atas kejadian tersebut.(Fran)

 1,424 total views,  1 views today