Pemandian Air Panas Kampung Juku Batu Kabupaten Way Kanan

WAY KANAN (ISN) – Pemandian Air Panas Kampung Juku Batu Kecamatan Banjit terletak di wilayah barat kabupaten Way kanan. Memiliki 19 kampung (Desa) dan 1 kelurahan. Kabupaten ini dilalui dua sungai besar yaitu way Umpu dan way Besai.

Kurang lebih dua tahun saya beraktifitas di kecamatan banjit. Ada beberapa kampung yang sudah saya kunjungi, walau hanya dengan mengendarai sepeda motor. Minggu 15 November 2020.

Hari ini saya berkesempatan mengunjungi kampung Juku batu kecamatan Banjit. Selama perjalanan, hamparan persawahan dan pegunungan sangat memanjakan mata. menurut saya kampung ini paling menarik untuk dikunjungi karena alamnya yang masih sangat Asri. Ditambahlagi dengan Masyarakatnya yang sangat terbuka dengan para wisatawan.

Kampung Juku Batu
Pemandian Air Panas Kampung Juku Batu

Kondisi Jalan menuju Juku Batu sangat mulus karena baru saja diperbaiki oleh pemerintah daerah. hanya membutuhkan waktu 20 menit perjalanan dari pasar banjit atau 45 menit dari jalan lintas sumatera. Untuk sampai ditujuan pemandian Air Panas Juku batu ini.

Selain alamnya yang indah,ditambah lagi dengan udaranya segar. Karena Lokasi pemandian ini yang berada di tepian Sungai Umpu dan dikelilingi perbukitan. Menambah eksotisnya lokasi pemandian air panas ini.

Menurut warga sekitar air panas alamai ini berasal dari panas bumi yang mengandung belerang. Sehingga efektif untuk menyembuhkan penyakit gatal – gatal. Selain itu juga Pemandian air panas ini pada akhir pekan atau hari – hari libur, cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Lokasi Wisatan ini, jika dikelola lebih baik lagi dan promosikan secara masif. Saya yakin pemandian air panas ini pasti akan lebih ramai serta menjadi tempat wisata pilihan utama wisatawan yang ingin berkunjung ke kabupaten Way Kanan. Hal itu tentu akan sangat bermanfaat karena akan membangkitkan UMKM pada desa dan kecamatan setempat.

Penulis: Ebi Setiawan, S.Pd

Pemuda Kec. Banjit

 729 total views,  1 views today