Perubahan Lampung Utara Ada Pada Kesadaran Para Pemuda

Lampung utara merupakan kabupaten yang cukup tua dilampung, Kabupaten ini dulunya adalah kabupaten terluas dan terbesar di Provinsi Lampung yang sekarang meliputi Kabupaten Lampung Utara sendiri, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Lampung Barat yang melahirkan Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Tulang Bawang yang melahirkan kabupaten tulang bawang barat dan kabupaten mesuji. Artinya dari fakta tersebut lampung utara mestinya menjadi Rujukan kabupaten lainnya.

Namun beberapa waktu yang lalu wagub lampung chusnunia chalim menyebut dalam sambutannya di agenda musrembang lampung utara, bahwa lampung utara adalah kabupaten termiskin dilampung.
Ini mestinya menjadi autokritik untuk kita semua, khususnya para pemuda dan mahasiswa, karna dipundak merekalah lampung utara akan dilanjutkan.
Namun begini fakta ini seolah-olah tidak berdampak pada daya kritis para mahasiswa dan pemuda, yang menjadi pertanyaan adalah, apakah para pemuda dan mahasiswa nya tidak sadar? atau memang Bingung harus menilai dari mana merubahnya.?
Saya ingin Katakan begini, pemuda itu memiliki hal spesial dibanding orang tua.

1. Dari segi fisik

pemuda lebih memiliki stamina yang kuat dan segar dibanding orang tua, sehingga dengan kebugaran fisiknya sangat dimungkinkan pemuda dapat berpartisipasi dalam pembangunan, baik dari segala bidang contohnya dalam bidang olahraga, pemuda dapat memberikan kontribusinya dalam bentuk prestasi bermain bola, bulu tangkis, dll

2. Dari segi pikiran

Pemuda mempunyai rasa ingin tau yang lebih banyak dibanding orang tua, sehingga dengan keingin tahuannya diharapkan pemuda dapat dengan kritis mencari tau kenapa daerah nya tidak maju, kenapa daerahnya mengalami ketertinggalan.

3. Dari segi semangat dan mental

Pemuda lebih mempunyai semangat berapi-api dibanding orang tua, sehingga dimungkinkan dengan semangat perubahan yang dimiliki pemuda, para pemuda dapat berkomitmen dan berani merubah suatu keadaan.

Ketika ketiga komponen ini benar-benar dimiliki para pemuda maka lampung utara kedepan dapat menjadi Kabupaten yang siap berkontestasi prestasi dengan kabupaten-kabupaten lain.

Ada hal yang menarik dilampung utara, bahwa banyak kabar berita diluar sana yang mencirikan orang-orang lampung utara itu keras, sarang begal, sarang kriminal dan lain sebagainya, sehingga citra negatif menjudge orang-orang lampung utara yang ada diperantauan, alhasil sulit diterima kerja, sulit dapat pergaulan dll.

Hal inipun kembali menjadi autokritik kepada lampung utara baik pemerintahan nya, masyarakat nya media nya, pendidikan nya, ASN nya dan semua yang tinggal di bumi lampung utara, untuk bagaimana menetralisir kabar -kabar negatif yang merugikan, dengan cara memberikan prestasi terbaik dari semua bidang.

Dalam banyak hal kita tertinggal, dalam ketertinggalan mestinya kita sadar dan berpikir untuk memberi perubahan terbaik,

Menurut teori behaviorisme oleh John Watson dan BF. Skinner “Kerangka kerja kesadaran utama tediri dari attetion, wakefulness, architecture, recall of knowledge .

1. Atention atau perhatian, bagaimana pemuda memusatkan fokusnya pada persoalan-persoalan yang menyebabkan ketertinggalan.

2. Wakefulness , kesiagaan atau keterjagaan dari semua elemen lampung utara dalam menjaga semangat perubahan.

3. Architecture atau perencanaan pembangunan, bagaimana konsep perubahan mesti terstruktur dan tersistematis dalam pencapainnya.

4. Recal knowleadge atau mengingat pengetahuan,. Bagaimana para pelaku perubahan dapat mengetahui kekuatan dirinya sehingga mampu menemukan kekuatan yang ada dilampung utara dan menjadikan kekuatan itu sebagai karakter khas pelaku perubahan.

Sebagai pemuda mari kita sadar, dan berfikir bahwa kita adalah representasi lampung utara masa depan. @SR

Penulis:  Ari Permadi

 268 total views,  2 views today