Pesona Kawasan Wisata Seminung Lumbok Resort

LAMPUNG BARAT (ISN) – Kawasan wisata terpadu Seminung Lumbok Resort berada di Pekon Lumbok, Kecamatan Sukau, sekitar 27 Km dari Liwa, ibukota Kabupaten Lampung Barat. Resort ini menawarkan panorama alam danau, Bukit Barisan, dan pegunungan yaitu Gunung Seminung. 
Pada ketinggian 600-900 mdpl ini kita dapat menghirup udara pegunungan nan sejuk dan segar.
Di sekeliling Seminung Lumbok Resort terdapat hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), yaitu salah satu kawasan hutan alam tropika basah seluas sekitar 350.000 Ha. UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai situs warisan dunia.

 

Seminung Lumbok Resort sangat potensial sebagai penjaring wisatawan. Selain tempatnya nyaman, kamar hotel dan kualitas pelayannya sekelas dengan hotel bintang empat. Wisatawan pun menjadi betah. Bila pagi tiba, para pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Ranau dan Gunung Seminung masih berbalut kabut. Keindahan alam itu juga bisa dinikmati dari lantai dua restoran Seminung. Lumbok Resort. Jadi, sambil sarapan dan minum kopi atau teh, pengunjung bisa santai lebih lama.
Seminung Lumbok Resort memiliki 16 kamar, terdiri delapan kamar standar (Twin Bed) dan delapan kamar superior (King). Selain terdapat dua buah cottage, hotel ini dilengkapi dengan convention hall berkapasitas 400 orang gaya gedung pertunjukan (theatre style). Manajemen bisa membuat variasi kapasitas konvensi ini menjadi 200 orang (model ruang kelas), 100 orang (tata ruang gaya konferensi), 450 orang (gaya koktail) atau 250 orang (gaya pesta makan  atau banquet).

 

Jika ingin menyantap ikan bakar nan lezat, pengunjung bisa membeli dari para pencari ikan. Ikan segar tangkapan dari danau Lumbok juga terkenal  jika dibakar terasa gurih dan lezat. Jika ingin membakar ikan pada malam hari, pagi atau siang hari harus sudah memesan kepada nelayan setempat.
 Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.
Di sini, di lahan seluas lebih kurang 15 Ha telah dibangun Kawasan Wisata Terpadu berupa hotel, cottage, convention hall, dan bermacam fasilitas lainnya. Hotel berkapasitas 16 kamar dan 2 bush cottage dengan view Danau Ranau dan Gunung Seminung, menawarkan panorama alam.
Instansi pemerintah maupun swasta dapat melakukan rapat sekaligus refreshing di sini, karena tersedia Gedung Convention Hall berkapasitas 400 orang. Dengan suasana sejuk dan tenang khas pegunungan, tentu dapat meghasilkan keputusan-keputusan segar dan brilian. Di tempat ini dapat terselenggara resepsi pernikahan, mulai penyediaan akomodasi hingga tempat berbulan madu. Khusus untuk berbulan madu tersedia bungallow terpisah dan berada di tepi danau.
Pagi hari, saat kabut mulai tersaput dari permukaan danau, dari balik jendela kamar Hotel Seminung, kita dapat menyaksikan jukung, perahu tradisional unik khas Lampung Barat yang hilir mudik memberi makan ikan di keramba.
Sebagian besar pengunjung dapat mengelilingi kompleks Seminung Lumbok Resort menggunakan sepeda atau sepeda motor. Menyaksikan hamparan sawah menghijau di tepian danau sambil menghirup udara sangat alami dan bebas polusi. Di sinilah kita dapat mengagumi ciptaan Tuhan.
Kita juga dapat menyaksikan aktivitas masyarakat Pekon Lumbok, seperti bercocok tanam, gotong royong, dan keunikan khas budaya Lampung Barat. Bahkan bagi wisatawan yang gemar jogging sambil menghirup udara bersih pegunungan, tersedia jungle track hingga ke air terjun terdekat.
Jika menggemari air, wisatawan dapat berenang, menyelam di danau dan memanah ikan. Atau sewa perahu motor untuk berkeliling. Bila hobi mincing bias memancing ikan nila dan ikan mas yang terkenal tabokh (gurih). Ikan hasil tangkapan bisa diserahkan pada koki hotel untuk dimasak dengan bumbu tradisional. Kalau tidak mendapat ikan, kita bisa membeli ikan petani keramba di sepanjang tepian danau.
Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Yani salah satu pengunjung yang sering menghabiskan akhir pekan disini ” ya saya kebetulan dekat dari sini memang tiap akhir pekan sering kesini, anak anak pada mandi kita orang tua mengawasi aja tapi aman kok tiap libur lita kesini berenang” ungkapnya
Bahkan bila kita bosan mandi di kamar mandi hotel, nanti akan dikembangkan tempat pemandian air panas tidak jauh dari lokasi Seminung Lumbok Resort. Mata air panas (hot spring) ini keluar secara alami dari kaki Gunung Seminung. Air panas ini juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit karena banyak mengandung belerang.
Menjelang senja adalah kesempatan untuk memotret sunset dan panorama Gunung Seminung berwarna kuning keemasan tertimpa cahaya senja sang mentari.
Dengan banyaknya obyek wisata di sekitar Kawasan Wisata Seminung Lumbok Resort tentu bisa menjadi alternatif pilihan kunjungan saat anda menginap di Seminung. (MDs)

 398 total views,  2 views today