Polres Tanggamus Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Jalan Kubulangka-Banjar Negeri

BANDAR LAMPUNG (ISN) – Dugaan korupsi pekerjaan Proyek Jalan Kubulangka – Banjar Negeri , Kecamatan Cukuh Balak, kabupaten Tanggamus yang dikerjakan oleh PT . Cempaka Mas Sejati dengan Nilai pekerjaan Rp.8 Milyar kini tengah dalam penyelidikan Polres Tanggamus. Hal tersebut berdasarkan keterangan sumber terpercaya Intisarinews.co.id.

” Kasatreskrim Tanggamus sudah turun dengan anggota, dan yang saya ketahui bahwa pihak dinas PU sudah dimintai keterangan,” katanya belum lama ini.

Namun pihak Polres Tanggamus melalui kasat Reskrim tidak mengakui bahwa pihaknya tengah melakukan penyidikan.

” Info dari mana bos, nanti saya cek ke anggota,” katanya melalui pesan WhatsApp.

Sebelumnya, badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan (BPKP) Provinsi Lampung tengah melakukan pemeriksaan atas kegiatan di tahun 2020, tanpa terkecuali pekerjaan Proyek Jalan Kubulangka – Banjar Negeri , Kecamatan Cukuh Balak, kabupaten Tanggamus.

Foto red/ ketebalan aspal Jalan Kubulangka-Banjarnegri tak penuhi standar BPK, yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar, foto diambil pada 7 Februari 2021

Hal tersebut dikatakan oleh bagian umum BPKP Lampung saat dimintai keterang terkait laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Proyek peningkatan jalan ini.

” Untuk tahun 2020 masih dalam pemeriksaan dan belum selesai, nanti akan kami sampaikan, jika sudah selesai kami periksa ,” katanya. Selasa (2/3/2021).

Diketahui sebelumnya, Hancur dan buruknya kualitas pengerjaan ruas jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dimenangkan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Miliyar, diduga karena pada pelaksanaannya diperjual belikan. Hal tersebut dikatakan oleh salah satu pelaksana kegiatan pembangunan.

” Jadi proyek ini dikerjakan oleh orang ketiga, dari pemenang dilimpahkan dengan kuasa direktur sampai ke orang ketiga yakni renal, dan kabarnya melibatkan Ketua BPC HIPMI adalah Deri Febogi atau siapa saya juga gak kenal, jadi proyek ini pengerjaan dengan sistem jual beli. entah aturan mana yang melegalkan hal tersebut,” katanya belum lama ini.

Foto red/ Kondisi Terkini Jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar. Minggu (31/1/2021)

Sementara saat ditanya terkait setoran pihaknya kurang mengetahui pasti.

” Kalo soal setoran ya Waallahualam, urusan mereka di akherat,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya , Bobroknya pembangunan jalan ruas Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Miliyar semakin benerang. Hal tersebut dikatan oleh salah satu pekerja Romzi Edi. Dirinya mengatakan sejak awal dirinya mengikuti dan mengawal pekerjaan tersebut agar kualitasnya baik bagi masyarakat.

Berita Terkait Tak Hanya Dikorupsi, Proyek Milyaran Jalan Kubulangka-Banjarnegri Sisakan Hutang

” Sejak awal saya ingin pekerjaan ini bagus, maka kami melibatkan masyarakat setempat untuk bekerja, kalo matrial semua bagus boleh diuji dilaboratorium saya berani, jadi konsepnya adalah memberdayakan masyarkat,” katanya. Rabu (17/2/2021).

Ditegaskannya juga bahwa memang pekerjaan tersebut menyalahi aturan dan tidak sesuai sejak awal pengerjaan banyak tipu-tipu.

” Dari awal saya tidak maling dan saya mengawasi tukang agar tidak maling, kemudian ada permainan dari rekanan tanpa sepengatahuan saya, ada pengawas dari rekanan namanya Asep dan tukang namanya Parno, saya perhatikan dan laporan dari kawan-kawan media, talut tidak dipondasi, ditempel dari bawah dengan adukan semen ala pemborong, ada tanah longsor langsung ditempel-tempel aja seolah-olah itu adalah drainase dan talud,” tambahnya.

oto red/ Proses pengerjaan Jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar, foto diambil pada 4 Agustus 2020

Tak hanya sampai disitu, kecurangan juga melibatkan pengawas dan konsultan.

” Jadi pekerjaan ini dari awal memang tanpa onderlagh sesuai dengan aturan baru kementrian, setelah perapian jalan, langsung bes A, lalu timpa hotmix – timpa hotmix yang harusnya ketebalan 15-17cm, namun fakta dilapangan tidak demikian, terakhir ada temuan dari konsultan hanya 7-11cm namun tetap dilegalkan entah nego dengan cara apa,” ujarnya.

Dikatannya lagi bahwa jalan tersebut setalah ditabur batu bes A, lalu dibiarkan selama kurang lebih 3 Mingguan. Baru dilanjutkan kembali.

” Entah apa dasar aturannya saya lupa, jadi jalan itu dibiarkan selama tiga minggu, jadi dilewatin mobil muat kayu, muat apa apa bes A hancurlebur, lalu pura-pura digiling lalu di Hotmix. Hotmix itu pun ngerampok. kalo hotmix mau diuji di tengah jalur datar itu tipi-tipu, semua tipis sekali, tebal pinggit itu hanya akal-akalan. Namun pengawas dan konsultan mengatakn itu boleh dam lolos,” tandasnya.

Terpisah, sebelumnya Ahmad Parid Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Tanggamus derah pemilihan (dapil) Cukuh Balak angkat bicara terkait telah hancurnya jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar yang baru rampung dikerjakan pihaknya mengatakan bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) bahwa ada 16 titik jalan yang sudah hancur akan dilakukan perbaikan.

” Terima kasih Atas kerja media yang peduli dengan pembangun yang ada di Tanggamus. Saya sudah kordinasi dengan PPTK pekerjaan hotmik ruas jalan Banjarnegri-Kubulangka, alhamdulilah hari ini mulai ada perbaikan yang kalau tidak salah ada 16 titik ,” katanya melalui pesan WhatsApp. Minggu (31/1/2021).

Saat ditanya apa penyebab kerusakan jalan, apakarena tidak sesuainya volume pekerjaan, politisi partai PPP ini mengatakan bahwa pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan standar.

” Saya dari awal mengawasi pekerjaan saya berkordinasi dengan pptk pekerjaan itu dia pakai stantar kementirian, tidak menggunakan onderlag dia langsung pakai bes A/B. Menurut saya itu tidak cocok untuk kontruktur jalan yang ada di ruas jalan tersebut, tapi itu standar kerja nya seprti itu maka kerusakan itu karna tanah nya yang bergerak. Maka untuk berbaikan saya printahkan kepad PU harus di onderlag kita sama-sama untuk mengawasi dalam perbaikain ini supaya hasilnya bisa maksimal,” tandasnya.

Baca juga : https://www.intisarinews.co.id/diduga-dikorupsi-baru-rampung-peningkatan-jalan-kubulangka-banjarnegri-sudah-hancur/

https://www.intisarinews.co.id/buruknya-volume-jalan-kubulangka-banjarnegri-diduga-karena-setoran/

https://www.intisarinews.co.id/erlangga-menduga-anggaran-jalan-kubulangka-banjarnegri-jadi-bancakan/

https://www.intisarinews.co.id/bobroknya-pembangunan-jalan-kubulangka-banjarnegri-dewan-dapil-cukuh-balak-diminta-bersuara/

https://www.intisarinews.co.id/ahmad-parid-angkat-bicara-terkait-bobroknya-pembangunan-jalan-kubulangka-banjarnegri/

https://www.intisarinews.co.id/erlangga-pembangunan-jalan-kubulangka-banjarnegri-kangkangi-pp-22-tahun-2020/

https://www.intisarinews.co.id/hancurnya-jalan-kubulangka-banjarnegri-akibat-pekerjaan-tak-sesuai-volume/

https://www.intisarinews.co.id/aroma-busuk-korupsi-pembangunan-jalan-kubulangka-banjarnegri-alamat-kantor-pelaksana-fiktif/

https://www.intisarinews.co.id/fakta-persekongkolan-korupsi-pembangunan-ruas-jalan-kubulangka-banjarnegri-mulai-terkuak/

https://www.intisarinews.co.id/tak-hanya-dikorupsi-proyek-milyaran-jalan-kubulangka-banjarnegri-sisakan-hutang/

https://www.intisarinews.co.id/dugaan-korupsi-jalan-kubulangka-banjarnegri-pelaksana-dan-dinas-kompak-bungkam/

https://www.intisarinews.co.id/fakta-baru-proyek-jalan-kubulangka-banjarnegri-diperjual-belikan/

https://www.intisarinews.co.id/deri-febogi-bantah-keterlibatannya-pada-dugaan-korupsi-proyek-jalan-kubulangka-banjarnegri/

https://www.intisarinews.co.id/peluang-pidana-makin-besar-proyek-jalan-kubulangka-banjar-negeri-dalam-pemeriksaan-bpkp-lampung/

https://www.intisarinews.co.id/aph-tanggamus-membisu/

Sementara sampai dengan saat ini pihak dinas PU dan juga Perusahaan belum dapat dikonfirmasi. (PUTERI)

Loading