Proyek PL Dishub Lampung Utara Tahun 2020 Berlangsung Tanpa Papan Informasi

LAMPUNG UTARA (ISN) – Menurut Sumber dari Lembaga Pengadaan Kebijakan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).Bahwa dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Utara memiliki Proyek pada tahun 2020,kemudian secara tehknis di tunjuk langsung perusahaan yang mengerjakannya atau biasa disingkat dengan Penujukan Langsung (PL).

Sementara hasil data yang di himpun. Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Utara ada 10 Item,yang di dalamnya ada kegiatan fisik dan beberapa non fisik. Terpantau dibeberapa lokasi, pembanguan sudah mulai di kerjakan,namun beberapa kegiatan yang sudah mulai di kerjakan,di duga menyalahi aturan. Yang mana dalam pelaksanaan pembangunan,dilokasi tidak terpasang papan informasi,Jum’at (17/04).

Hasil Konfirmasi pada kepala dinas Pehubungan Basirun Ali, terkait proyek PL yang sudah di gelar di beberapa lokasi,dia mengatakan itu harus di dahulukan karna sudah mengadakan MoU dan Perintah Gubernur Lampung.” Sudah MoU, karena perintah pak gubernur harus di dahulukan berkenaan dengan perlintasan Kereta Api,karena kemarinkan sudah terjadi makan korban jiwa (kecelakaan) ”Jelasnya.

Ditanya terkait pembangunan Halte yang berada pinggir jalan raya kabupaten Lampung Utara apakah ada kaitannya dengan keselamatan kereta api sehingga pembangunan tersebut lebih di utamakan dari pencegahan covid-19, Basirun mengatakan ada, karena pembangunan Gedung Pos Jaga perlintasan Kereta Api dan pembangunan Halte jalan raya, sama-sama di peruntukkan tentang keselamatan.

Foto: Kepala Dinas Perhubungan Kab.Lampung Utara (Basirun Ali)

“ Tentu ada,karna satu judul yaitu tentang keselamatan penumpang,sehingga termasuk skala prioritas,”Terang Basirun Ali.

Sementara pelaksana pembangunan,kata Basirun,saat di tanya apakah pembangunan tersebut di kerjakan oleh dirinya sendiri,basirun mengatakan bahwa pihak ke tigalah yang melaksanakannya.” Ya pihak ketiga donk yang mengerjakannya kalo proyek PL,siapa yang perusahaannya lengkap,itu yang kita tunjuk duluan. “Tutup Basirun saat di jumpai diPolres Lampung Utara.

Diketahuai pada Peraturan Menteri Pekerjan Umum Nomor : 29/PRT/M/2006 Tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung. Pasal 6 poin ke empat: Terhadap penyedia jasa konstruksi yang terlibat dalam penyelenggaraan bangunan gedung yang melakukan pelanggaran ketentuan dalam Pasal 3 dan Pasal 4 dikenakan sanksi dan atau ketentuan pidana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rujukan pada peraturan menteri tersebut, tentunya dugaan menyalahi aturan oleh pihak-pihak kontraktor dan lainnya terlihat. Pasalnya sementara, terlihat dilokasi pembangunan tidak terpasang papan informasi,sehingga tidak di ketahui perusahaan apa yang mengerjakannya.

Dihimpun dari Lembaga Pengadaan Kebijakan Barang/Jasa Pemerintah, tahun 2020 dinas perhubungan kabupaten Lampung Utara ada beberapa kegiatan di antaranya :

  1. Pembangunan gedung pos jaga perlintasan kereta api di jalan dahlia kotabumi 175, JT Pekerjaan Konstruksi Pengadaan Langsung February 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. No paket 25034722.
  2. Jasa Konsultasi Perencanaan Pembangunan Pos Jaga Perlintasan Kereta Api. 30, JT Jasa Konsultansi Pengadaan Langsung February 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara DINAS PERHUBUNGAN. No Paket.25080364.
  3. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Soekarno Hatta (Depan Rumah Sakit Handayani) 70. JT . Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN.No Paket 25082844.
  4. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Alamsyah RPN (Depan FIF). 70, JT. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN. No Paket 25083293.
  5. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Pahlawan ( Depan Perdagangan). 70,00 JT. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN. No Paket 25083401.
  6. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Jenderal Sudirman (Depan PEMKAB-Masjid). 70, JT. Pekerjaan KonstruksI. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN. No Paket 25083534.
  7. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Pom Bensin Payan Mas (Depan Martabak Raja). 70,00 JT. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN. No Paket 25083763.
  8. Jasa Konsultasi dan Perencanaan Pembangunan Halte. 70,00 JT. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN. No Paket 25083046.
  9. Pembangunan Gedung Pos Jaga Perlintasan Kereta Api di Jalan MT. HARYONO Kotabumi. 175,00 JT. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN. No Paket 25080109.
  10. Pembangunan Gedung Pos Jaga Perlintasan Kereta Api di Simpang Saprodi Lampung Utara. 175,00 JT. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. DINAS PERHUBUNGAN. No Paket 25080213.

Tayangnya berita ini belum di ketahui pihak-pihak  perusahaan mana yang mengerjakan proyek-proyek penunjukan langsung (PL) tahun 2020  dinas Perhubungan kabupaten Lampung Utara.

(Fran)

Loading