PUPR Tubaba Akan Terima Kucuran Dana Miliaran Rupiah Dari Pemerintah Pusat

TUBABA (ISN) – Pada tahun 2021 mendatang Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten setempat akan menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sekitar Rp53 miliar.

Besaran dana DAK yang akan diterima Pemkab Tubaba tersebut terdiri dari DAK Bina Marga sekitar Rp39 miliar, DAK irigasi sekitar Rp5,8 miliar, DAK air minum sekitar Rp5,8 miliar dan DAK sanitasi berbasis masyarakat sekitar Rp2,4 miliar.

Menurut Iwan Mursalin, Dana DAK tersebut akan diprioritaskan untuk beberapa item pembangunan infrastruktur, seperti peningkatan dan rehab beberapa ruas jalan, pembangunan tiga jaringan irigasi, air minum, dan sanitasi berbasis masyarakat.

 

“Skala prioritas penggunaan DAK Dinas PUPR untuk tahun 2021 sekitar Rp53 miliar itu telah direncanakan, yakni untuk pembangunan beberapa ruas jalan, jaringan irigasi, sarana Air Minum dan sanitasi berbasis masyarakat,” kata Iwan melalui Kabid Perencanaan dan Bina Jasa Kontruksi, Sadarsyah, saat dikonfirmasi hasil perencanaan penggunaan dana DAK tersebut melalui sambungan ponselnya. Rabu (21/10)

Saat ini, lanjut dia, peruntukkan DAK dari pemerintah pusat tersebut sedang dalam tahap penyusunan Rencana Kerjanya (RK), sehingga ditargetkan pada awal tahun 2021 kegiatan tersebut bisa terlaksana. Sedangkan untuk alokasi anggaran di Dinas PUPR pada APBD Murni 2021 tengah dibahas item pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas.

“Seperti yang kita ketahui, bahwa DAK 2020 ini tidak ada, karena ditarik kembali oleh pemerintah pusat untuk penanganan Covid-19. Dan kita berharap tahun mendatang pembangunan di Tubaba bisa berjalan lancar,” paparnya.

Ia menambahkan, Di tahun 2021 pihaknya juga tengah merencanakan finishing beberapa bangunan yang telah dibangun pada tahun 2020 ini.

“Pembangunan Pasar Pulung Kencana tahun ini belum finishing sehingga kita lanjutkan tahun depan. Selain pasar juga kita melakukan finishing Kantor Bersama Dinas Di Tiyuh Panaragan, Kantor Camat Gunung Terang, dan beberapa bangunan lainnya,” terangnya. (Putra/Jim)

Loading