Rencana Musyawarah Pembaruan Pengurus Karang Taruna Kelurahan Sindang Sari 

LAMPUNG UTARA (ISN) – Pemuda hari ini merupakan pemimpin di hari esok. Seperti itulah kata yang  tepat untuk menjelaskan sosok pemuda. Semangat, kreatifitas, dan kecepatan berfikir, itulah tiga hal berpotensi yang dimiliki oleh setiap pemuda. Sehingga wajar peran mereka sangat dinantikan bagi masyarakat.

Dikelurahan, pemuda diharapkan tidak hanya berpangku tangan tetapi diharapkan bersama sama terlibat dalam pembangunan di kelurahan terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat, juga terlibat untuk mendorong masyarakat dalam kegiatan pembangunan kelurahan dalam ruang lingkup Karang Taruna.

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan . Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

 

Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga di mana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Pada tanggal 01 Mei 2020 telah di Musyawarahkan Rencana Perombakan Karang Taruna kelurahan sindang sari yang mana sebagai bentuk upaya pemberdayaan para remaja atas program-perogram kepemudaan yang akan di bentuk ke depannya untuk menopang bidang-bidang seperti keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian dan lainnya, yang di hadiri oleh Fran Klin Ketua Karang Taruna kelurahan Sindang Sari,serta di hadiri sekitar 20 pemuda. Dan kemudian akan di adakan musyawarah lanjutan setelah perekrutan bagi pemuda yang belum terdata di kelurahan sindang sari oleh panitia yang di tunjuk oleh Ketua.

Dalam musyawarah dan berbuka puasa bersama yang di adakan dikediaman Dini, salah satu anggota Karang Taruna kelurahan Sindang Sari,ketua karang taruna berharap agar para pemuda kedepannya dapat bersatu bahu-membahu untuk ikut menjadi pemuda yang aktif,enerjik dalam mengembangkan potensi yang ada, baik secara person dan lingkungan dalam berorganisasi untuk menjadi pemuda-pemudi yang di banggakan oleh bangsa dan negara.

(Red)

 453 total views,  1 views today