Sebagai Bentuk Komitmen Adipati Surya Bangun Sektor Kesehatan Di Way Kanan

WAY KANAN (ISN) –  Raden Adipati Surya saat menjabat sebagai Bupati Way Kanan telah melakukan pembangunan-pembangunan khususnya di sektor kesehatan, salah satunya adalah RSUD Zainal Abidin Pagaralam yang akan menjadi kebanggan bagi masyarakat Way Kanan dalam mewujudkan “Way Kanan Maju dan Berdaya Saing.

Ini merupakan salah satu contoh Bukti nyata
Komitmen seorang pemimpin, dengan adanya alat operasi katarak, Kabupaten Way Kanan yang telah berusia 20 tahun ini bebas katarak dengan jaminan pengelihatan yang jelas.

dr. Burhan  Dirut RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) Way Kanan mengungkapkan, Sistem kerja alat dan para Dokter spesialis mata denga melakukan operasi dengan teknologi Phaco Emulsifikasi yaitu teknik operasi katarak yang paling mutakhir.

“Dengan teknik ini,  Dokter spesialis mata akan menggunakan getaran ultrasonik untuk menghancurkan lensa mata yang terkena katarak. Operasi Katarak ini aman untuk semua pasien, termasuk bayi dengan katarak bawaan hingga pasien lansia,” ujar Burhan.

Lebih lanjut Burhan mengatakan, dengan sistem kerja Phaco Emulsifikasi, Dokter spesialis mata tidak perlu membuat sayatan lebar sehingga operasi katarak dilakukan dengan cepat, mudah, aman dan tanpa jahitan. Sehingga pasien yang sudah dioperasi katarak dapat kembali mengerjakan aktivitas normal dalam waktu singkat.

Diketahui, EYE Center RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (Zapa), rutin menggelar operasi katarak setiap minggu dengan target 80 orang pasien per bulan. Namun, saat adanya Pandemi  Covid-19 dibatasi hanya 40 pasien saja.

Saat kepemimpinan Raden Adipati Surya Sejak adanya RSUD ZAPA Way Kanan dilengkapi Alat Hemodialisa untuk melayani cuci darah dengan jadwal Senin – Sabtu dengan 8 orang pasien perharinya

Selain Dokter spesialis mata, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Way Kanan juga dilengkapi dengan  Alat teknologi cangih juga Di lengkapi oleh Dokter spesialis Bedah, spesialis penyakit dalam, spesialis kandungan
Spesialis Rmradiologi, Spesialis THT, spesialis cuci darah, spesialis bedah mulut,m dan spesialis anak.

Selain itu juga dimasa kepemimpinan Adipati Surya RSUD ZAPA Way Kanan membuka layanan Unit Tranfusi Darah (UTD).

“Sebelumnya setiap kali kita melakukan donor darah yang mana darahnya dibawa dan diolah di luar Way Kanan, saat ini pengolahan darah sudah bisa kita laksanakan di Rumah Sakit Zainal Abidin Pagaralam Way Kanan,” ucap Burhan.

Pembangunan dan pengoptimalan kuantitas serta kualitas di sektor kesehatan tersebut merupakan salah satu misi pemerintah Kabupaten Way Kanan dan komitmen Raden Adipati Surya sebgai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat dalam upaya dan komitmen Pemerintah Daerah  meringankan beban masyarakat dan upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. (Nusi)

 146 total views,  2 views today