Sosialisasi Protokol Kesehatan, Tokoh-tokoh Lampura Terima Kunjungan Sultan Sekala Brak

PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong

LAMPUNG UTARA (ISN) – Dalam rangka perjalanan adat, Paduka Yang Mulia (PYM) Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) pangeran Edward Syah Pernong.  Sultan Sekala Brak yang di pertuan ke-23 Kepaksian Pernong Lampung berkunjung ke kabupaten Lampung Utara. Hal itu  untuk terus berperan aktif bersama-sama membangun sinergitas dalam memerangi penyebaran corona virus disease 2019 atau Covid-19, dengan mentaati peraturan yang telah ditetapkan pemerintah secara ketat.

Kegiatan yang terlaksana di hotel Graha Wisata Kotabumi itu dihadiri oleh perwakilan tokoh adat di Kabupaten Lampung Utara Irham Rozali, SH, Raja Dibukit gelar Suttan Ratu Dabung, Musa Anwar, Santori gelar Raja Dimuda, Hendrick Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung Utara dan para kepala-kepala suku serta tokoh masyakarakat lainnya,Senin (05/10).

Pada Kesempatan itu pangeran Edwarsyah Pernong di kawal oleh Pasukan Bahatur dan Hulubalang Kepaksian Pernong dengan berpakaian khusus berwarna merah,yang mana Pengawalan itu Menjalankan titah dari Panglima Alif Jaya,menyampaikan. Bahwa ia terus mensuport seluruh masyarakat, agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga angka penularan terpaparnya Covid-19 dapat ditekan.

“Memang dalam kondisi yang sekarang ini,kita harus terus menerus,jadi tidak boleh berhenti untuk menyampaikan dan mensosialisasikan di setiap momen disetiap kesempatan. Kenapa, karena kadang-kadang masyarakat kita ini bukan hanya lupa, namun menganggap remeh masalah penularan Virus Covid-19 ini. Terkait protokol kesehatan,mereka hanya sekedar formalitas. Sehingga angka masyarakat yang terpapar Covid-19 meninggi.”terangnya.

Ia juga mengimbau,agar masyarakat harus memiliki sikap mewanti-wanti. Kemudian bersama-sama melakukan penanggulangan pencegahan penularan Virus Covid-19,dan diharapkan informasi itu dapat di teruskan kemasyarakat sampai ke seterata yang paling bawah,atas pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Sedangkan kita di Lampung ini mempunyai tiga reward. Nomor satu masalah di restauran,dimall kemudian di pasar rakyat.seharusnya masyarakat memiliki sikap mewanti-wanti untuk bersama-sama melakukan penanggulangan pencegahan penularan virus Covid-19. Oleh sebab itu saya datang ketemu langsung dengan sanak Famili dan sodara kita,seperti yang dari Pekurun,masyarakat sekala berak yang ada di Kotabumi serta juga sodara-sodara kita dari PSMTI,untuk bersama-sama menyampaikan. Betapa pentingnya kita untuk mengikuti protokol kesehatan secara ketat”Imbuh sultan Sekala Brak yang di pertuan ke-23 Kepaksian Pernong Lampung.

Kita harus menyadari,lanjutnya. Betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan seperti contoh menerapkan tiga M “Dimulai dari diri sendiri,dimanapun. Jangan cuma kita bisa mengatakan namun tidak bisa melakukan. jadi kita harus menyadari dan melakukan,seperti contoh,menggunakan masker,mencuci tangan,menjaga jarak. dalam kegiatan ini yang di hadiri dan bertemu langsung dengan kepala-kepala Suku,Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat dan Sosial Marga Tionghoa. yang mana kemudian begitu dari menghadiri acar ini dapat menyampaikan langsung kepada kelompoknya,lingkungannya,masyarakatnya yang mungkin secara informasi kurang tersentuh,tapi secara persuasif kita menyampaikan.”Tutupnya.

Setelah kegiatan yang diadakan di hotel Graha Wisata milik salahsatu keluarga PSMTI yang merupakan Famili Saibatin Puniakan Dalom Beliau pangeran Edwarsyah Pernong. sultan Sekala Brak itu melanjutkan kunjungan kerumah pamandanya Raja Dibukit H. Irham rozali, SH., Glr Suttan Ratu Dabung. Yang berada jl.Abrati kelurahan Kotabumi Udik Kabupaten Lampung Utara. (Fran)

 210 total views,  1 views today