Upaya Pemulihan Aset Milik Negara, kpk Libatkan Lintas Negara

NASIONAL (ISN) – KPK memaparkan upaya pemulihan aset milik negara atau asset recovery tindak pidana korupsi yang melibatkan lintas negara, dalam pertemuan tahunan The Economic Crime Agencies Network (ECAN). Secara daring, 17 Maret 2022.

Tema pertemuan ECAN tahun 2022 ini adalah “Kejahatan Ekonomi yang Membahayakan Keamanan Nasional”. Sebagai anggota aktif, pada 2018 lalu Indonesia berkesempatan menjadi Chair ECAN yang digelar di Bali pada Maret 2018.

ECAN merupakan wadah kerja sama dalam tingkat operasional dalam mencegah, menginvestigasi, mengadili kejahatan ekonomi lintas yurisdiksi & sarana berbagi informasi intelijen yang mendukung proses penyidikan & penuntutan.

Di Indonesia kerjasama tersebut terkait perkara korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang ditangani oleh KPK dimana telah terjalin kerja sama dengan FBI sejak 2017 & perkara korupsi pengadaan mesin pesawat di Garuda Indonesia.

Selain KPK dari Indonesia, ECAN juga beranggotakan SFO (Inggris), MACC (Malaysia), OLAF (eropa), CPIB (Singapura), FBI, SFO (Inggris), ICAC (Hongkong), AFP (Australia), serta World Bank’s Integrity Vice Presidency.

 

Oleh: Komisi Pemberantasan Korupsi

 8 total views,  1 views today