Virtual Meeting, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Lamsel Ikuti Peringatan Harganas ke-28

KALIANDA,(ISN): Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, mengikuti peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan yang bersamaan dengan peluncuran Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu hamil, Ibu menyususui dan Anak usia 12 hingga 18 tahun itu, diikuti oleh Winarni Nanang Ermanto dari Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.

Kemudian, secara terpisah Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Nuri Maulida Pandu, bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Eka Riantinawati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Rohadian serta jajaran lainnya tampak mengikuti dari Aula Rajabasa, sekdakab setempat.

Pada kesempatan itu, Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), KH. Ma’ruf Amin, mengatakan peringatan Harganas merupakan momentum yang mengingatkan betapa pentingnya peran dan fungsi keluarga sebagai dasar dalam sebuah pembangunan.

“Peringatan dari Harganas telah secara rutin diselenggarakan setiap tahun, peringatan ini pada dasarnya adalah untuk mengingatkan kita semua mengenai pentingnya peran dan fumgsi keluarga,” ujar Ma’ruf dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Menurut Wapres Ma’ruf, pembangunan yang tepat adalah dimulai dari membangun keluarga yang sejahtera, dimana terjaminnya kesehatan secara fisik, emosional serta finansial keluarga tersebut.

Oleh karena itu, kata Wapres Ma’ruf, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) harus mampu mewujudkan pembangunan keluarga yang berkualitas serta mandiri dalam segala sektor.

“BKKBN harus dapat memastikan agar pembangunan keluarga diarahakan kepada penciptaan keluarga yang berkualitas, yaitu keluarga yang sehat, dibagun atas dasar perencanaan yang baik, melalui perkawinan yang sah,” ujarnya.

Sementara, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, mengungkapkan berkaitan dengan peringatan Harganas ke-28, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, gerakan bulan pemantauan tumbuh kembang balita di posyandu dan penghargaan kepada penyuluh dan petugas lapangan.

Selanjutnya, pelayanan KB sejuta akseptor, , lomba konten video kreatif, penghargaan program bangga kencana, penghargaan dalam penurunan stunting dan berbagai rangkaian webinar yang telah diselenggarakan serta berbagai kegiatan lainnya.

“Alhamdulillah ditanggal 24 Juni kemarin, kita dapatkan Akseptor sebanyak 1.213.066 Akseptor, dan secara serentak dilayani dimasa pandemi diseluruh Indonesia,” ungkap Hasto dalam laporannya.

Lebih lanjut Hasto mengungkapkan, selain peringatan Harganas ke-28 dalam kesempatan itu juga turut diluncurkan Vaksinasi Covid-19 untuk usia 12 hingga 18 tahun. Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan pada hari ini di tiga Provinsi dan empat titik, yakni di Jawa Barat, Kota Bogor, Sulawasi Selatan, dan pangkal Pinang.

“Untuk ibu hamil mudah-mudahan dalam waktu dekat akan dilaksanakan secepatnya, untuk ibu menyusui bisa dikerjakan hari ini, ditempat ini dan dibeberapa tempat yang kita lakukan secara serentak pada hari ini,” ungkapnya lebih lanjut. (ptm).

 70 total views,  1 views today