Marindo Pastikan Program Pembangunan Tepat Sasaran untuk Masyarakat

Pringsewu (ISN) – Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah menyusun ptogram prmbangunan untuk Kecamatan Pardasuka. Skema pembangunan mengacu pada hasil Musrenbang Pekon dan Kecamatan yang dilaksanakan Tahun 2023 lalu.

Pj Bupati Pringsewu Dr Marindo Kurniawan memaparkan, Program-program tersebut telah mulai dijalankan sejak awal Tahun 2024 dan telah banyak manfaat yang dirasakan dan tersebar di wilayah Kecamatan Pardasuka.

“Antara lain Peningkatan Jalan sampai dengan latasir ruas jalan Dusun 1 Pekon
Pujodadi, Peningkatan Jalan sampai dengan latasir ruas jalan Surya Photo Dusun Sidodadi Pekon Sidodadi, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hunian Asri Masyarakat melalui Pemugaran Prasarana dan Sarana serta Rehabilitasi Bendung, Rehabilitasi Saluran Irigasi Way Bulok Sukamara IV dan Saluran Irigasi Way Manak II yang berlokasi di Pekon Sukorejo, Rehabilitasi Bendung Way Klutum, Pekon Tanjung Rusia Timur, lanjutan Rehabilitasi Bendung Way Mincang II , Pekon Pardasuka,” ujarnya saat memberikan sambutan di agenda Safari Ramadhan di Kecamatan Pardasuka 26 Maret 2024.

Selanjutnya, kata Marindo, Rehabilitasi Saluran Irigasi Way Rantau Tijang, Pekon Rantau Tijang, Normalisasi dan Rehabilitasi Saluran Pembuang Pekon Sidodadi dan Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Ruas Jalan Pujodadi – Sidorejo Pelayangan (Jl. Kesehatan) di Pekon Pujodadi. Keseluruhannya dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan kualitas jalan dan kondisi infrastruktur serta pengairan yang mantap sehingga akan lebih berperan membantu para petani dan warga masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf perekonomiannya.

“Selain itu kami juga ada program untuk para pelaku UMKM akan diberikan Bantuan berupa Pembinaan Industri Kecil dan Mikro Pekon di Kecamatan Pardasuka, di bidang Perikanan, Pertanian dan Kesehatan akan dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Budidaya Ikan Air Tawar, Pekat bibit sayuran, pupuk kandang, polybag dan waring di Pekon Selapan, Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil Kurang Energi Kronis dan Bayi Lima tahun Gizi Kurang,” ujar Kepala BPKAD Provinsi Lampung itu.

Doktor bidang ekonomi Universitas Lampung itu menjelaskan program di bidang Sosial dan Ketenagakerjaan berupa Pelatihan Digital Marketing, Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum, Pembentukan Desa/Pekon Tangguh Bencana (Destana), Bantuan Pengembangan Perpustakaan Pekon, Rumah Ibadah, Pondok Pesantren dan Perpustakaan Khusus, Pembinaan dan Pengendalian serta Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pekon, Pengkuatan Tim Penggerak PKK Pekon dan Fasilitasi Lomba Antar Pekon dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat se-Kabupaten Pringsewu, Bantuan Sosial RTLH, Fasilitasi Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Bantuan Bibit Tanaman Guna Ketahanan Pangan, Bantuan Hibah untuk.

“Lembaga Keagamaan serta bantuan Sarana Pendukung bagi Rumah Ibadah.
Selain itu, pada hari ini juga kami serahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu, saya berharap agar bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaikbaiknya dan sesuai dengan peruntukannya serta
tolong dirawat dan jaga fasilitas yang diberikan, sehingga dapat terus dimanfaatkan dimasa yang akan datang,” kata Marindo. (*)

Loading