Pemkot Metro Imbau Sebelum Mudik Lebaran, Teliti Hunian yang akan di Tinggalkan

Metro, Intisarinews.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mengimbau masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh atau mudik lebaran, untuk teliti sebelum meninggalkan huniannya. Hal itu bertujuan mengantisipasi terjadinya musibah seperti pencurian dan kebakaran.
“Masyarakat yang ingin bermudik juga kita imbau, nanti akan disampaikan melalui RT dan RW juga, agar tidak meninggalkan rumah dalam kondisi-kondisi tertentu yang berbahaya ya, seperti misalnya kulkas yang menyala atau listrik, segala macam ya,” kata Wahdi, usai Safari Ramadan di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat, kota setempat, Senin, 1/4/2024 malam.
Selain itu, dia juga meminta masyarakat agar dapat saling mengingatkan perihal tersebut. Wahdi menyarankan, agar rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya itu dipadamkan saja arus listriknya.
Kendati demikian, koordinasi antarwarga juga perlu dilakukan, untuk menciptakan kondusivitas dan keamanan, khususnya untuk rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya itu.
“Di sini penting juga untuk masyarakat agar bisa saling mengingatkan, bahwa jika ada rumah tetangganya yang masih dalam kondisi listrik menyala, itu atas izin RT dan RW agar dipadamkan saja listriknya supaya tidak terjadi korsleting,” tuturnya.
“Kemudian, bergotong-royong lah ya bersama. Saling menjaga satu sama lain, agar tidak terjadi pencurian juga, saat rumah warga ditinggal mudik,” tandasnya.(Man)

Loading