Pj Bupati Pringsewu Tekankan Pemahaman Literasi Digital bagi Pemuda dan Tenaga Pendidik

Pringsewu (ISN) – Pj Bupati Pringsewu Dr Marindo Kurniawan menekankan kepada generasi muda dan tenaga pendidik memanfaatkan era digital dengan pemahaman literasi digital.

Menurut Marindo, dengan adanya pemahaman dan penerapan literasi digital akan membuat generasi muda dapat berpartisipasi secara positif di era dunia digital seperti sekarang ini.

“Salah satu dampak positif dari literasi digital dalam dunia pendidikan baik bagi tenaga pengajar maupun peserta didik yaitu dapat membantu proses pembelajaran,” ujarnya Kamis 25 April 2024.

Bagi tenaga pengajar, lanjutnya, literasi digital dapat berfungsi sebagai bekal untuk dapat membedakan sumber-sumber materi belajar yang benar, signifikan dan dapat memberikan manfaat dalam proses pembelajaran. Literasi digital juga dapat membuka peluang bagi guru dan dosen agar lebih produktif dalam menciptakan media ajar digital.

“Selain bagi tenaga pengajar, literasi digital juga memberikan dampak positif kepada peserta didik, mulai dari siswa pendidikan dasar, pertama, atas, hingga pendidikan tinggi,” ujarnya.

Dalam hal ini, literasi digital dapat mempermudah para peserta didik untuk mencari data dan informasi dari berbagai media sebagai bahan pembelajaran.

“Perolehan akses informasi yang
lebih luas dapat memberikan kesempatan dan peluang yang lebih besar, menyeluruh, efisien, dan akurat bagi semua kalangan sehingga dapat diminimalisir ketimpangan informasi,”beber Kepala BPKAD Provinsi Lampung itu.

“Saya sangat mengapresiasi
terselenggaranya Webinar Literasi Digital
Sektor Pendidikan ini. Semoga, melalui
kegiatan hari ini para tenaga pengajar maupun anak-anak di Sekolah Menengah Perguruan maupun Tingkat Sekolah Dasar yang hadir hari ini akan dapat mengembangkan kemampuan literasi digital yang baik dan mampu mengoptimalkan teknologi untuk
pembelajaran yang berkualitas dan efektif serta efisien,” ujarnya.

Marindo berpesan, manfaatkan kesempatan literasi digital untuk lebih memahami apa itu dunia digital, dan jangan sungkan bertanya serta berdiskusi dengan para narasumber terkait penerapan teknologi digital disekitar kalian. (*)

Loading