Market Days Festival 2024 bertema Kreativitas, Komuntis, Kewirausahaan Dalam Rangka HUT Kota Metro ke-87

Metro, Intisarinews.co.id – Guna mendukung Pertumbuhan ekonomi dan Kreativitas Lokal, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, membuka Market Days Festival 2024, kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pengrajin, dan kepada komunitas kreatif lokal di Kota Metro.
Hal itu diutarakan Wahdi, seusai membuka acara Market Days Festival bertema “Kreativitas, Komuntis, Kewirausahaan” , dalam rangkaian acara hari jadi Kota Metro ke-87, di Mal Pelayanan Publik (MPP) atau Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai Metro, Sabtu (08-06-2024).
Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin mengatakan, kegiatan Market Days Festival di mulai pada tanggal 8 sampai 16 juni 2024, dan merupakan kegiatan sebagai wadah untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku, UMKM, pengrajin, dan komunitas kreatif lokal, untuk memamerkan produk dan keterampilan serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Kota Metro.
“Acara ini terbagi menjadi 2 bagian konsep yaitu, indoor dan outdoor yang diisi oleh tenan, musik dan hiburan, kuliner dan clothing, food truck, permainan, komunitas dan kreativitas properti, interior dan pameran  produk kreatif,” kata Wahdi.
Ia menyebut, kegiatan Market Days Festival baru pertama kali dibuka dan dilakukan di Bumi Sai Wawai. Pihaknya juga meminta untuk kedepan dilakukan evaluasi menyeluruh.
Selain itu, kata dia, ada beberapa para pelaku UMKM maupun indoor diluar Metro yang ikut terlibat dalam acara tersebut.
“Dari beberapa vendor di luar Metro juga masuk, ini menunjuhkan bagus. Jadi kita masyarakat Kota Metro para komunitas kreatif akan belajar terus dan belajar terus,” imbuhnya.
Pada Kesempatan yang sama, Promotor Event Market Days Festival, Ahmad Satibi mengungkapkan, jumlah vendor yang ikut terlibat sebanyak 24 vendor wedding dan di bagian luar ada 4 properti deplop properti dan dari interior ada 3 dan 40 UMKM tenant.
Menurut Ahmad Satibi, Pelaku UMKM yang ikut terlibat dalam Market Days Festival ini, tidak dikenakan biaya sewa. Akan tetapi, hanya biaya registrasi sebagai rangkaian penyelenggaraan.
“Jadi biaya-biaya itu, untuk biaya-biaya penyelenggara, sehingganya Pemkot tidak dibebankan dari segi APBD,” paparnya.
lebih lanjut, ia juga membeberkan area yang di dalam dan diluar, outdoor dan indoor masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.
“Area indoor itu terdiri dari 3 area, area eksebisi,wedding expo, properti expo, area eksbisi interior expo, terus yang didalam area borung itu dibagi 2 area seminar dan pertunjukan bagian depan panggung. Area belakang itu untuk close up dan kompetisi,” tukasnya.
Ahmad Satibi menambahkan, untuk target finasial pihaknya menuturkan, harus memiliki persiapan yang matang semua secara keseluruhan. Namun, hanya terkendala cuaca saat pembukaan yang jadi penghalang, kemudian dievaluasi 8 hari kedepan. (Man)

Loading