Acara Tahunan GEBYAR PGSD ke 2 UMPRI, Mahasiswa Prodi PGSD gelar Lomba dan Pentas Seni Mahasiswa

PRINGSEWU (KANDIDAT) – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) mengadakan kegiatan Gebyar PGSD Ke-2 yang diprakarsai oleh Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Yang digelar Gedung Graha Ahmad Dahlan UMPRI, Selasa (22/2/22).

Kegiatan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Dengan dengan Tema “mewujudkan kreativitas anak bangsa di era milenial dengan menjujung tinggi nilai sportivitas”, juga Mengadakan berbagai macam perlombaan baik tingkat SD, SMA dan Perguruan Tinggi serta menyuguhkan berbagai macam penampilan salah satunya adalah penampilan tari kolosal yang dibawakan oleh mahasiswa PGSD yang berjumlah 100 penari.

Dikatakan Ketua Pelaksana Budiman, Dalam kegiatan PGSD ini adalah Hari Ulang Tahun PGSD ke 2 tahun dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah salah satu program studi yang belum lama terbentuk di FKIP Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Program studi ini terbentuk pada tanggal 1 September 2017. Sehingga masih banyak individu maupun instansi sekolah yang belum mengetahui keberadaan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

“Sehingga masih banyak individu maupun instansi sekolah yang belum mengetahui keberadaan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Atas dasar tersebut, kami sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar tergerak untuk merayakan hari jadi PGSD yang ke-2, dan memperkenalkan diri serta mengekspor nama PGSD secara luas di luar lingkup kampus maupun di luar kampus,” Katanya.

Selanjutnya Beliau Menjelaskan Latar belakang inilah yang menjadi alasan pihaknya untuk mengadakan kegiatan diberi nama Gebyar PGSD ke-2, akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Februari 2022.

“Kegiatan ini diikuti oleh 638 peserta yang mana SD berjumlah 131 peserta, SMA berjumlah 402, dan perguruan tinggi sebanyak 105, cabang lomba yang ada diperguruan tinggi ini diikuti oleh 49 perguruan tinggi yang ada diindonesia,”Jelasnya.

Senada disampaikan Ketua Hima PGSD Rio Alfa Ridho Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

” Pada acara kali ini perlombaan yang dilombakan antara lain tingkat SD yaitu lomba da’i/da’iyah, baca puisi, dan senam kreasi, Tingkat SMA yaitu tari kreasi, MTQ, solosong dan Futsal. Tingkat perguruan tinggi yaitu media pembelajaran, video pendidikan, mendongeng dan cipta puisi. Penampilan yang disuguhkan selain tari kolosal adalah tapak suci, solosong, tari nirmala, tari terbelenggu, flashmob, perkusi, tari dolanan jaman, dan tari peken,”Paparnya.

Masih sama, Ketua Hima Rio Alfa Ridho, Acara gebyar PGSD juga mengadakan seminar pendidikan nasional dengan Narasumber Dr. Ina Magdalena, M.Pd. (Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang) dan Dr. Arman, M.Pd. (Dosen Universitas Muhammadiyah Pringsewu ).

” Seminar tersebut mengambil tema “ Transformasi Pendidikan dan Pembelajaran Menghadapi Era Society 5.0 Untuk Mewujudkan Generasi Emas 2045”, Seminar tersebut dilaksanakan menggunakan dua teknis yaitu online dan offline dengan peserta online 200 dan oflline 50.

Kegiatan Gebyar PGSD Ke-2 didukung oleh berbagai sponsor diantaranya adalah Klangenan Art, Princhsto, Leeaksi, PT. Sinar Mustika Jaya, The Don’s House, Kipas Tua, Forever Milk, Lesehan Marrintin, Balik Bukit, Kaala House, Bella Musik Entertaiment, Join Coffee 30, Dananjaya Coffee, Arum MS Glow, Kadoku Id, Mins. Food, Aplikasi Coffee, Warung Pak Ilham, Printsewu, Raja Seblak Gading, Home Made, Kripik Pisang Anggun, Skypie, Street Food, Kosakata, Dansa Gift, Pempek Johnson, Nona Cantik Beauty Care, Ceker Setan Pringsewu, Cemilan Ku, Seblak Waringin Sari, Percetakan Prameswari, Cemilan Pedas Bandung Baru, Larisso.”Tuturnya Rio ketua Hima PSGD.

Dr. Hi.Fauzi,S.E.,M.Kom.,Akt.,C.A., Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu dalam sambutannya menyampaikan bahwa Beliau mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang terus mengembangkan potensi diri.

” salah satunya dengan seni tari hal ini sebagai salah satu ajang eksistensi yang tidak kalah dengan daerah lain seperti Yogyakarta, mahasiswa PGSD dituntut tidak hanya handal dalam mengajar akademik saja namun dapat melatih kreativitas anak-anak, dengan suksesnya penampilan tari tadi membuktikan bahwa hal ini sebagai salah satu wujud keberhasilan dosen dalam melatih kreativitas mahasiswa PGSD,”tutup Wabup Fauzi.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati pringsewu Dr. Hi.Fauzi,S.E.,M.Kom.,Akt.,C.A., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Kepala Dinas Pamuda dan Olahraga, Kapolres Pringsewu, Komandan Rayon Militer, Kepala KONI, Kepala PD Muhammadiyah Pringsewu, Wakil Rektor 1, segenap Dekan dan Kaprodi yang ada dilingkungan Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Kepala Bagian dilingkungan Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Bapak dan Ibu Dosen PGSD, seluruh Organisasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pringsewu serta seluruh peserta dan tamu undangan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat. (Nizom)

Loading