Disperindag Propinsi Lampung bersama Disdag Kota Metro Gelar Pasar Murah Bersubsidi

Metro, Intisarinews.co.id — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung bersama Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro menggelar Pasar Murah Bersubsidi di halaman Pasar Cendrawasih Kota Metro, Kamis, 7/3/2024.
Langkah tersebut bertujuan mengendalikan inflasi dan memastikan masyarakat Kota Metro mendapatkan kebutuhan pokok, menjelang Ramadan 1445 Hijriah.
Pengawas Perdagangan Disperindag Provinsi Lampung, Rudiantinus mengatakan, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp5 ribu, untuk setiap item kebutuhan pokok pangan yang tersedia di Pasar Murah Bersubsidi.
“Nah, untuk komoditi yang disediakan atau difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi itu, ada cabai, telur, tepung terigu, minyak goreng, gula pasir dan bawang merah ya. Karena, itu termasuk sumber dari pengendalian inflasi, untuk menyambut bulan suci Ramadan,” kata Rudiantinus.
“Kalau jumlahnya, setiap komoditi itu kita masing-masing bahwa 2 ton, kecuali telur. Telur itu kita bawa 500 kilogram, dan untuk subsidinya masing-masing kita beri Rp5 ribu. Dari harga distributor ya,” lanjutnya.
Sementara itu, Kepala Disdag Kota Metro, Elmanani menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berupaya menyediakan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau untuk masyarakat, dan memastikan tidak terjadi panic buying.
“Ya. Seperti yang sudah-sudah, yang pernah kita lakukan, untuk mengantisipasi terjadinya pembelian barang berlebihan itu setiap pembeli kita berikan tanda terima, ada tanda tinta hitam di jarinya,” kata Elmanani.
Masyarakat diminta untuk tidak panik dan membeli barang secara berlebihan. Kenaikan harga pada sejumlah barang pokok pangan dianggap lumrah, mengingat waktu Ramadan semakin dekat.
Kendati demikian, Pemkot Metro telah berkoordinasi dengan sejumlah agen dan distributor besar di kota setempat, memastikan ketersediaan bahan pangan aman. Sedangkan, upaya stabilisasi harga barang akan terus dilakukan hingga menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.
“Mengenai kenaikan harga barang, masyarakat juga jangan terlalu khawatir. Karena pemerintah selalu berupaya untuk menstabilkan dan masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan dengan harga yang terjangkau,” ucapnya.
“Alhamdulillah juga, tidak ada informasi mengenai kelangkaan barang ya. Para agen dan distributor itu memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok pangan di Kota Metro itu terjamin, sampai Hari Raya Idul Fitri nanti,” tandasnya.(Man)

Loading