DPRD Gelar Sidang Paripurna HUT Kota Metro Ke 87 

Metro – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Metro Ke 87, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Metro menggelar Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang sidang DRPD setempat, Minggu (09/06/2024).
Paripurna peringatan Hari Jadi Kota Metro di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Tondi Muammar Gaddafi Nasution, di dampingi Wakil Ketua DPRD, Dihadiri oleh Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten III Bidang Pemerintahan Senen Mustakim, Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin, Wakil Walikota Qomaru Zaman, Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Jajaran Forkopimda Kota Metro, Bupati Lampung Timur, Bupati Lampung Tengah, Kepala Badan/OPD dilingkungan Pemkot Metro, Para Camat dan Lurah se Kota Metro, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Gubernur Lampung yang di wakili oleh Asisten III Bidang Pemerintahan Senen Mustakim menyampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung mensuport dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Metro atas kemajuan pembangunan selama ini.
“Atas nama Gubernur Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung memberikan Apresiasi dan mensuport atas kemajuan yang telah di capai Kota Metro selama ini. Dengan usia yang ke 87, diharapkan Kota Metro dapat lebih baik lagi, lebih maju lagi dalam pembangunan dan dalam menata kota menjadi kota yang lebih indah, lebih nyaman dan warga Kota Metro bisa lebih sejahtera,” ucap Mustakim.
Sementara itu, dalam sambutannya Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin menyampaikan, rasa syukur yang dalam atas pencapaian selama ini, hingga usia Kota Metro 87 tahun.
“Syukur Alhamdulillah, pada hari ini, Kita semua dapat berkumpul untuk memperingati Hari Jadi Kota Metro yang ke 87, dalam keadaan sehat walafiat. Dengan melihat pencapain 87 tahun ini, Kota Metro telah menunjukkan sebagai Kota yang layak di perhitungkan di tingkat Provinsi maupun Nasional atas prestasi-prestasi yang telah di raih baik prestasi dalam pelaksanaan pembagunan maupun prestasi anak bangsa putra daerah,” ucap Wahdi.
“Melalui perspektif pembangunan, Alhamdulillah, Kota Metro termasuk dalam katagori sebagai kota yang berhasil dan mendapat pengakuan secara nasional. Dan dari segi kualitas auber daya manusia yang ditunjukkan dengan Indeks Pembangunan Manusia, capain IPM Kota Metro sudah berstatus “tinggi” dan terus meningkat setiap tahunnya,” jelas Wahdi.
Selanjutnya, Wahdi juga menjelaskan, untuk upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Metro juga menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan menurunnya persentase penduduk miskin. Kesehatan masyarakat juga terus meningkat, pertumbuhan ekonomi Kota Metro dari rentang waktu 2021-2023 juga menunjukkan tren yang menggembirakan dan berangsur membaik pasca pandemi COVID-19.
“Banyak hal yang telah kita capain sampai saat ini, inflasi year on year (yoy) Kota Metro juga dapat ditekan. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terus mengalami penurunan. Untuk Umur Harapan Hidup (UHH) meningkat dari tahun sebelumnya. Dan untuk Harapan Lama Sekolah (HLS) juga meningkat dari tahun lalu. Dan untuk Kota Metro, tahun 2024 ini, yang memasuki usia 87 tahun, dan akan memasuki masa emas atau 100 tahun di tahun 2037 mendatang. Dengan melihat pencapain saat ini, sudah semestinya Kota Metro memiliki andil dan mengambil peran dalam mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045, mewujudkan Indonesia sebagai “Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan”,” Ungkap Wahdi.
Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Metro, Tondi Muammar Gaddafi Nasution mengatakan, dengan diperingatinya Hari Jadi Kota Metro ke 87 ini, berharap Kota Metro dapat lebih baik lagi.
“Dengan usia yang ke 87 tahun, kita harus bercermin bahwa usia Kota Metro tidak muda lagi, dan berharap kedepannya ada peningkatan yang lebih baik dalam hal pembanguan infrastruktur maupun sumber daya manusianya. Agar masyarakat juga dapat menikmati hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah. Kita semua berharap Kota Metro dapat menjadi Kota harapan dan kebanggaan kita semua,” pungkas Tondi.
Selanjutnya selesai  rapat paripurna acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan oleh Ketua DPRD Kota Metro Tondi Muammar Gaddafi Nasution. (Adv)

Loading