Siapa Yang Mengerjakan Perbaikan SDN 22 Tumijajar,  Mari Lirik Pembangunannya!

Dugaan Kangkangi Aturan

TUBABA (ISN) – Bangunan gedung merupakan salah satu wujud fisik pemanfaatan ruang. Oleh karena itu dalam pengaturan bangunan gedung tetap mengacu pada pengaturan penataan ruang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung, setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung, serta harus diselenggarakan secara tertib.

Hal tersebut diduga bertolak belakang pada proyek bangunan sekolah di Sekolah dasar negeri (SDN) 22 Tumijajar yang terletak dijalan raya Gunung Timbul kabupaten Tulangbawang Barat.

Tulangbawang Barat
Foto: Bangunan gedung kelas SDN 22 Tumijajar mengalami perbaikan terlihat beberapa alat bahan tukang dilokasi. Dok. 30/11/2021.

Terlihat ada beberapa bangunan yang belum diketahui pasti jenis pekerjaan tersebut, apakah jenis perehapan atau pembangunan gedung baru. Sementara juga terlihat dilokasi masih seperti dalam tahap pengerjaan meski ditenggarai kegiatan itu hampir rampung. Rabu 01 Desember 2021.

Namun dilokasi proyek tidak terdapat adanya papan informasi yang dapat menjelaskan jenis pekerjaan seperti apa, CV apa yang mengerjakan dan dari mana sumber dananya terkait kegiatan bangunan di sekolah SDN 22 Tumijajar yang dimaksud.

kendati demikian, ada dua gedung bangunan mengalami perbaikan dan terdapat satu gedung yang terlihat baru di bangun. Dikenali Pada dinding bangunan gedung kelas, terdapat batu prasasti tertempel menjelaskan, bahwa anggaran rehap kelas pada banguan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021.

Kemudian pada satu bangunan lainnya terlihat baru dibangun, juga terdapat prasasti tertempel didinding menjelaskan bahwa. Bangunan tersebut adalah bangunan ruang Laboratorium komputer yang juga anggaran bersumber dari DAK tahun 2021, bahan pintu yang dipakai diduga menggunakan bahan triplek.

Selain tidak terdapatnya papan informasi, pada proses pembangunan SDN 22 Tumijajar tersebut. Terkait kayu kusen yang di pakai, diduga menggunakan kayu asalan sehingga terlihat mudah rapuh. Kemudian cat pada dinding juga diduga menggunakan cat yang tidak sesuai pada rencana anggaran belanja (RAB) dugaan itu terlihat dari kwalitas cat yang terkesan asal jadi.

Sementara dilain pihak sebagai pencocokan data, di lihat dari layanan pengelolaan teknologi informasi pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik. Terdapat jenis kegiatan proyek yang hanya menjelaskan adanya nama tender Rehabilitas Ruang Kelas SDN Gunung Timbul Kec. Tumujajar, katagori pekerjaan konstruksi, insatansi pemerintahan kabupaten Tulangbawang barat, dinas pendidikan,Bukan SDN 22 Tumijajar.

Kemudian pagu hasil negosiasi sebesar Rp 741,523,779,28. perusahaan pemenang CV. RRR Brothers alamat CV jalan Pulau Legundi Gg. Sukarame Bandar Lampung.

Belum diketahui apakah pekerjaan tersebut benar seperti pekerjaan yang dijelaskan pada layanan pengelolaan informasi secara online atau bukan.

Dugaan sementara proses pelaksanaan dalam pekerjaan tersebut langgar aturan.

Hingga berita ini ditayangkan belum ada konfirmasi terkait kejelasan, juga dugaan pada pembangunan SDN 22 Tumijajar kabupaten Tulangbawang Barat pada pihak terkait. (Putra-Tim)

Loading