Antisipasi Masuknya Wabah PMK, Pemkab Way Kanan Gelar Vaksin

Waykanan (ISN) – Untuk mengantisipasi masuknya Wabah penyakit mulut dan kuku atau yang lebih dikenal dengan nama PMK pada hewan ternak, masuk ke kabupaten Way Kanan, Pemerintah Kabupaten setempat melalui dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan peternakan (TPHP) menggelar suntik Vaksin.

Kepala Dinas TPHP Way Kanan Maulana melalui Sekretaris Dinas Rofiki menerangkan bahwa Sasaran Vaksinasi pada hewan ternak tersebut sudah dilakukan di sembilan kecamatan, yaitu Negeri Besar, Negeri Agung, Way Tuba, Buay Bahuga, Baradatu, Bumi Agung, Negara Batin, dan Bahuga.

“Sasaran kita di perbatasan dulu dan populasi yang lumayan,”terangnya.

Menurutnya, mereka sangat berharap kepada peternak untuk mengikutsertakan ternaknya, agar mengikuti vaksinasi sampai nanti pada vaksin booster.

“Kepada peternak yang belum mendapatkan vaksin pada tahap pertama, agar bersabar karena vaksin kedua akan segera datang sebanyak 3.500 dosis se-Kabupaten Way Kanan, dan segera langsung kita distribusikan ke Kampung kampung yang belum mendapatkan pada tahap pertama,”ungkapnya.

Lebih lanjut Sekdin menuturkan, pihak mereka juga berharap, agar para peternak untuk jangan takut ternaknya di vaksin.

“Yakin saja dipastikan aman, yang penting ternak dalam kondisi benar benar sehat dan tidak dalam keadaan bunting, walaupun akan ada ada gejala sedikit demam, ya kurang lebih hampir sampa dengan vaksin covid-19 yang kita terima, hanya bedanya ini kepada ternak ruminansia, sudah tentu vaksinnya pun berbeda,”Pungkasnya.

Loading