Bantah sebabkan Banjir, PLN UPDK Perluas Drainase

Bandar Lampung (ISN) – Warga perumahan Palem Permai Kelurahan Rajabasa Raya mengeluhkan banjir yang terjadi dilingkungan Perumahan Palem Permai yang disebabkan oleh PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Kecamatan Rajabasa, Kota Bandarlampung. 

“Terkait dengan keluhan, sebenarnya kita sudah koordinasi dengan RT, jadi pada saat kejadian banjir pada warga sebenarnya kantor kita juga kena banjir,”sebut Titin.

Manejer Keuangan Titin mewakili Kepala PLN UPDK mengatakan,  warga mengira dengan ditutupnya saluran drainase tersebut adalah penyebab dari kebanjiran yang terjadi di kelurahan Rajabasa raya tersebut, bahkan Camat Rajabasa, Lurah, RT setempat, dan warga telah meninjau langsung pada tanggal 1 Maret kemarin,  kemudian dijelaskannya saluran drainase itu ditembok karena mencegah anak-anak terjatuh ke saluran tersebut. dilansir dari lampung poskota.co.id pada, senin (7/3).

“Ditutupin itu karena disini ini ada rumah-rumah dinas kita yang kebetulan pegawai kita memiliki banyak anak-anak balita, sehingga itu bentuk pengamanan,”katanya.

Lanjutnya, dijelaskannya pihaknya telah mengupayakan pengawasan dilingkungan sekitar PLN UPDK namun tetap membutuhkan bantuan pihak Pemerintah setempat.

“Lalu kami bilang kami kan hanya mengawasi lingkungan PLN ya pak, untuk sisi luar kami mohon bantuan dan sudah koordinasi bu Lurahnya”

Titin juga menyampaikan banjir yang telah dihadapi warga ataupun pihaknya kemungkinan karena itensitas curah air hujan yang tinggi.

“Karena kita liat data dari BMKG juga karena memang intensitas curah hujan di lampung kan lagi tinggi-tingginya, sampai nanti bulan april lah mungkin agak berkurang,”jelasnya.

Titin mengungkapkan Camat Rajabasa serta lainnya hadir sekaligus memantau dan meninjau lokasi yang diduga warga setempat menyebabkan banjir.

“Jadi setelah dilihat oleh pak Camat langsung, saluran siring kami ini sudah cukup luas, ‘lho kalo kayak gini sih sebenernya memang intensitas curah hujannya debit air juga tinggi,”tandasnya.

Pihak PLN UPDK Kecamatan Rajabasa berharap kerjasamanya dengan lingkungan sekitar untuk membantu melakukan perluasan saluran drainase di sekitar warga.

“Disini kami sudah melakukan sinergi RT, Camat Rajabasa dan Lurah serta warga juga, jadi kami sudah menindaklanjuti secara langsung” jelasnya.

Setelah meninjau lokasi drainase sekitar PLN UPDK yang mana lokasinya cukup rendah ternyata saluran airnya cukup besar dan cukup dalam, hal senada juga diucapkan Manajer Keuangan.

“Jadikan ini bagian rendah ya, semua air bermuara di tempat kita, jadi kerjasamanya itu bukan hanya kita jadi dibantu sama dengan perumahan-perumahan yang ada disitu, siring kita ini cukup luas juga”.

Arief bagian staf umum PLN menjelaskan pihaknya telah mengupayakan peluasan dan pembersihan pada saluran drainase sekitar PLN UPDK.

“Mengecilnya itu disana, mas bisa lihat sekitar hulu dan hilir, itu bukan lingkungan kita gak mungkin kan menjadi tanggungjawab kita juga” jelas Arief.

Titin menyampaikan pihaknya telah melakukan 3 hal untuk lingkungan sekitar PLN UPDK mulai dari perluasan saluran drainase, pemeliharaan lingkungan dan pencegahan dengan menutup saluran drainase.

“Sudah 3 hal yang kami lakukan untuk lingkungan kantor PLNnya”pungkasnya. (*)

Loading