Dinas Kesehatan Jadi Sekretariat Stunting

Waykanan (ISN) – Sebagai Tolak Ukur Keberhasilan Dinas kesehatan Kabupaten way kanan Dengan Menyelesai kan Stunting.

Hal itu disampaikan Bupati Way kanan Raden Adipati Surya Saat menghadiri Rapat Bersama Unsur Dinas kesehatan Di Ruang AULA Dinas kesehatan (29/3/22).

Raden Adi pati surya berharap dinas kesehatan dengan Dipimpin Kelapa Dinas yang Baru Yaitu Srikandi dan Seketaris Dinas ANDI OKTOPVIANDI Agar Saling Bersinergi Dan Kompak.

Dalam arahannya, Bupati Adipati mengatakan bahwa dengan telah ditandatanganinya Komitmen Bersama Penurunan Stunting di Kabupaten Way Kanan saat Acara Pertemuan Rembuk Stunting Kegiatan Konvergensi Penurunan Stunting pada Tanggal 16 Maret 2021 lalu,

Pemerintah Kabupaten sesuai dengan RPJPN 2005-2025 dengan sasaran pembangunan Jangka Menengah 2020-2024 adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan diberbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur prekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif diberbagai bidang yang didukung oleh SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Sehingga tatanan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur, khususnya dalam bidang kesehatan salah satunya ditandai dengan Status kesehatan dan gizi masyarakat yang semakin meningkat serta proses tumbuh kembang yang optimal, yang ditandai dengan meningkatnya Umur Harapan Hidup (UHH) dan Healthy Adjusted Life Expectancy (HALE).

Penurunan stunting di Kabupaten Way Kanan telah terjadi sasaran produk RPJMN 2020-2024, Prevalensi stunting di Kabupaten Way Kanan telah terjadi penurunan dari 36,07% Tahun 2018 ((Riskesdes 2018), dan pada Tahun 2019 menjadi 27,7% (SSGBI 2019). Untuk itu, Bupati Adipati Kepada Dinas kesehatan terus fokus dan serius terkait penurunan Stunting terutama Kampung-Kampung yang telah ditetapkan sebagai Desa lokus penanganan Stunting.

Sehingga Waykanan dapat menjadi kabupaten dengan penanganan stunting terbaik.

Selain Dapat menghasil kan Program Andalan , iya Juga Menambah kan kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi menunjukkan keseriusan pemerintah Daerah Kab Way Kanan dalam penanganan dan pencegahan kejadian stunting dan menegaskan kepada seluruh dinas instansi, untuk menunggu aksi nyata penanganan stunting serta konstribusi nyata dalam upaya penurunan stunting dilakukan terintegrasi.

penanggulangan stunting yang efektif dan yang berfokus pada stunting.

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya juga. Menambahkan ” kepada Dinas kesehatan agar dapat mengelola anggaran dengan tepat sasaran dan menggunakannya sesuai dengan program yang ada.

“Dalam penggunaan anggaran harus tepat sasaran dan membelanjakan anggaran itu harus berkaitan dengan program yang ada,”kata Adipati.

sehingga Waykanan dapat menjadi kabupaten dengan penanganan stunting terbaik.sehinga Terujutnya Harapan masyarakat Way Kanan yang unggul dan sejahtera. Ungkap Raden Adipati . (Nusi)

Loading