DPRD Lampung Bakal Melobi Pemerintah Pusat Soal Dermaga Bakauheni

Komisi IV DPRD Provinsi Lampung bakal melobi pemerintah pusat, ihwal untuk penambahan fasilitas dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Lampung, Ismet Roni, saat melangsungkan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat, Amrullah, di kantor Kementerian Perhubungan RI, di Jakarta, Selasa (11/07/2023).

“Kami mengusulkan fasilitas Dermaga Bakauheni ditambah. Karena satu dermaga yang sudah ada tidak bisa menampung volume kendaraan yang melonjak, apalagi saat aru mudik tiba,” kata Ismet Roni, usai pertemuan.

Ismet Roni menjelaskan, sejak ada fasilitas jalan Tol, masyarakat dari berbagai daerah yang hendak ke pulau Jawa – terutama Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu memilih jalur darat dan berlabuh di Pelabuhan Bakauheni. Akibatnya, volume kendaraan padat dan pintu masuk dermaga Pelabuhan Bakauheni ini sangat perlu ditambah.

“Ribuan mobil, setiap hari antre berjam jam. Saat akhir pekan dan hari libur, apalagi saat musim mudik tiba. Kalau tidak segera dibenahi, maka akan terjadi penumpukan kendaraan di pintu dermaga,” ujar Ismet.

Tentu lanjut Batin Ismet sapaan akrab Ismet Roni, tim Komisi IV DPRD Lampung, ke Jakarta dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) dengan Menteri Perhubungan (Menhub). Kehadiran rombongan diterima Sekretaris Ditjen Amrullah, dan beberapa jajaran kementerian terkait dengan lintas bidang.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Ditjen Amrullah menyambut baik yang diusulkan DPRD Lampung, tentang Dermaga baru. “Memang sangat memungkinkan adanya penambahan,” kata Amrullah.

Dari hasil pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu, kedua pihak sepakat akan saling bersinergi.

Untuk diketahui, Selain Ismet Roni, rombongan dari Komisi IV DPRD Lampung saat bertolak ke Kementerian Perhubungan dihadiri komposisi lengkap. Diantaranya, Joko Santoso Surajaya (PAN), Supriyanto (PPP), Kostiana dan Puji Santos

Loading