Gubernur Lampung Apresiasi Kinerja Pemkot Metro, Dalam Upaya Mendukung Pemerintah Pusat Menurunkan Kasus Stunting

Metro, Intisarinews.co.id – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, dalam upaya mendukung Pemerintah Pusat menurunkan kasus stunting. Hal tersebut diungkapkannya, saat menghadiri kegiatan Pencanangan gerakan intervensi serentak, dan focus pencegahan stunting tingkat Provinsi Lampung 2024.
Disampaikan Gubernur Arinal Djunaidi, Provinsi Lampung masuk dalam predikat empat terbaik penurunan stunting se-Indonesia, salah satunya berkat peran dari Pemerintah Kota Metro.
“Hasil survei kesehatan Indonesia, tahun 2023 kasus stunting Provinsi Lampung turun menjadi 14,09 persen, dari sebelumnya tahun 2019 yakni 26,26 persen. Tentu ini berkat kerjasama bersama dengan berbagai upaya dan strategi yang dilakukan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, termasuk Kota Metro dalam memberikan kontribusinya,” Kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Senin (10/6/2024).
Arinal Djunaidi juga menyampaikan terima kasih, kepada Pemerintah Kota Metro yang terus memberikan perhatian dan keuntungan kepada masyarakat, serta anak anak untuk Masa depan.
“Hasil survei Indonesia yang dilakukan kementerian kesehatan, menyatakan bahwa Prevalensi Stunting dapat diamati dari umur enam bulan hingga 12 bulan. Angka stunting dapat tumbuh bil tidak mendapatkan intervensi dari suplai makan yang dapat menghambat pertumbuhan. Kita tau Metro memiliki peternakan sapi perah, dan budidaya ikan, saya tadi juga melepaskan bibit ikan di Dam Raman Metro Utara, dengan harapan kelak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan protein ikan, da harus dijaga, jangan sampai dirusak, diracun, dan penurunan stunting di Kota Metro Paling bagus,” ucapnya.
Sementara, Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menyampaikan upaya dalam menekan stunting, pemerintah harus berpikir tentang strategi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama ibu hamil dan menyusui.
“Melalui gerakan ini harapannya bisa fokus kepada ibu hamil dan balita. Kesehatan ibu dan anak sangat penting. Hal itu jelas membutuhkan banyak kolaborasi dan sinergi pemerintah, serta pemberdayaan masyarakat dan lembaga-lembaga yang bersentuhan langsung oleh masyarakat.
Alhamdulillah Provinsi Lampung secara signifikan dapat menurunkan angka stunting, meski terdapat lima kabupaten trennya naik, tapi secara kumulatif Provinsi Lampung turun, bapak gubernur juga menyampaikan Metro sangat baik, bagus dalam penurunan stunting, dan itu yang akan kita pertahankan, serta akan berupaya lebih baik lagi,” imbuhnya(Man)

Loading