Hadapi Lonjakan Penumpang, Bandara Raden Inten II Perketat Protokol Kesehatan

Lampung Selatan, (ISN) – Pada puncak arus mudik Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 PT. Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Radin Inten II memperketat protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

M. Hendra Irawan selaku Executive General Manager (EGM) Bandara Radin Inten II menyampaikan bahwa pada Minggu (3/01/2021), pihaknya melayani total pergerakan pesawat sebanyak 33 pergerakan pesawat, sedangkan untuk total penumpang sebanyak 2834 penumpang.

Menurut Irawan, puncak arus balik libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 memang sudah diprediksi akan terjadi pada hari ini yang memang merupakan hari terakhir masa libur.

“Sesuai jadwal penerbangan sehari sebelumnya memang terdapat peningkatan pergerakan pesawat yang signifikan yaitu sekitar 70% daripada hari biasanya,” ujar Hendra.

Irawan menuturkan, mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas COVID-19 nomor SE 4 Tahun 2020, pihaknya meningkatkan koordinasi dengan KKP Kelas II Panjang dalam upaya pemastian bahwa seluruh masyarakat yang akan menggunakan transportasi udara dari Bandara Radin Inten II telah memiliki surat bebas Covid-19 berupa rapid test antigen yang berlaku selama 3 X 24 Jam bagi penumpang dengan usia di atas 12 tahun atau test PCR yang berlaku selama 7 X 24 jam untuk calon penumpang yang akan masuk ke wilayah Bali dan Kalimantan Barat.

Irawan menambahkan bahwa dalam rangka antisipasi menghadapi lonjakan di akhir masa libur hari ini, pihaknya memperketat penerapan protokol kesehatan dengan tetap mengedepankan implementasi Biosafety & Biosecurity Management dengan harapan masyarakat pengguna jasa transportasi udara dapat merasa aman dan nyaman dari penyebaran virus Covid-19.

Selain hal tersebut, pihaknya bersama stakeholder terkait seperti Gugus Tugas Provinsi Lampung, TNI dan Polri juga melakukan pengawasan implementasi 3M (Penggunaan Masker, Menjaga Jarak dan Membersihkan Tangan) di sekitar kawasan bandara.

“Walaupun terjadi penurunan traffic yang cukup signifikan dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya, Irawan menjelaskan bahwa sepanjang periode libur Nataru 2020/2021 sendiri Bandara Radin Inten II mencatatkan pertumbuhan pergerakan yang positif dibandingkan periode yang sama di bulan sebelumnya, untuk jumlah penumpang yang telah dilayani dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 adalah sebanyak 30.195 orang atau mengalami kenaikan sebesar 39 % dari periode yang sama di bulan sebelumnya, sedangkan untuk jumlah pergerakan pesawat adalah sebanyak 343 movement atau meningkat sebesar 44% dibandingkan periode yang sama di bulan sebelumnya,” pungkasnya. (*)

Loading