Ir. Alimin Abdullah Lakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Di Lampung Utara

Lampung Utara, (ISN) – Ir. Alimin Abdullah anggita MPR RI Dapil Lampung II, menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Bumi Agung Marga Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara di balai adat di desa setempat, Jum’at (09/04/2021).

Dalam Sosialisasinya,  Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga putra daerah Lampung Utara, mengatakan bahwa, setiap Anggota MPR-RI berkewajiban untuk selalu mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat di daerah pemilihanya.

Hal ini menurut Alimin sebagai wujud tanggung jawab penyelenggara Negara untuk selalu dapat menciptakan keadaan yang kondusif bagi masyarakat bahwa betapa pentingnya pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai Empat pilar MPR RI bagi setiap warga negara di seluruh wilayah tanah air sekalipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia, bahkan dunia.

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN tersebut sejak menjadi anggota MPR RI mulai dari 2009 hingga saat ini tak bosan-bosannya mensosialisasikan Empat Pilar tersebut di Seluruh kabupaten di Daerah pemilihanya.

Alimin Abdullah berharap dengan sosialisasi ini masyarakat akan selalu mendapatkan informasi-informasi untuk selalu berpegang teguh terhadap Idiologi Bangsa, yaitu Pancasila, serta memahami UUD Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Menjaga NKRI serta merawat Bhinneka Tunggal Ikka.

“Sebagai bangsa yang besar dan plural, dengan semangat Bhineka Tunggal Ika, tentunya senantiasa menjaga nilai-nilai luhur dan kearifan lokal yang ada dalam negara yang sama kita cintai ini,”tuturnya.

Alimin menegaskan bahwa empat pilar MPR RI adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan guna mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Dijelaskannya bahwa Empat pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar tersebut adalah prinsip moral ke Indonesiaan yang memandu tecapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Lebih lanjut dalam penyampaian materi tersebut, dikatakan oleh Alimin, bahwa Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena Pancasila memiliki fungsi sangat fundamental. Pancasila sebagai dasar filosofis dan sebagai perilaku kehidupan, artinya, Pancasila merupakan falsafah negara dan pandangan atau cara hidup bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mencapai cita-cita nasional.

“Pancasila menjadi karakter masyarakat Indonesia sehingga menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Pancasila juga merupakan rujukan, acuan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa,” tandasnya.(R)

Loading