Anggota Komisi 3 DPRD Tanggamus Nuzul Irsan, Meminta Dinas Terkait Segera Tangani Longsor Di Kelumbayan

TANGGAMUS (ISN) – Bencana alam tanah longsor terjadi di Dusun Curup Pantai, Pekon Paku, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Minggu (25/6/2023).

Kepala Pekon (Kakon) Pekon Paku, Zul Raja Muda, meengatakan akibat jalan kabupaten yang menghubungkan Pekon Batu Patah, Kecamatan Kelumbayan Barat dengan Pekon Paku dan Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua sementara untuk kendaraan roda empat masyarakat Pekon Paku dan Pekon Umbar yang ingin keluar dan datang melalui Pekon Batu Patah, Kecamatan Kelumbayan Barat, harus melalui Pekon Napal yang jaraknya lebih jauh.

Zul menambahkan, tanah longsor pada bahu jalan dan hampir seluruh badan Longsor terjadi akibat hujan lebat yang melanda dari malam sampai pagi tadi, ditambah lagi posisi jalan yang memang berada ditepi tebing yang curam dan dalam.

“Dimensi longsoran dengan panjang sekitar 25 meter dan ketinggian tebing 30-an meter. Dengan kondisi ini maka jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda 4,” ujarnya.

Anggota Komisi 3 DPRD Tanggamus, Nuzul Irsan, meminta Pemerintah Kabupaten Tanggamus, segera mengambil langkah-langkah kongkrit dan secepat mungkin untuk mengatasi dampak bencana alam tersebut.

“Jalan penghubung ini sangat vital bagi masyarakat, dampaknya tidak hanya sebatas memutus jalur transfortasi tetapi yang tidak kalah pentingnya dampak ekonomi bagi mansyarakat,” ujarnya.

Politisi PKB itu juga mendesak agar Pemerintah Daerah seegera meengambil langkah-langkah penanganan terkait longsor tersebut.

“Kami meminta Pemda dalam hal ini BPBD dan dinas PU untuk segera menangani musibah longsor tersebut. Sehingga warga dapat beraktifitas kembali secara normal, ” Pungkasnya. (RED)

Loading