Pemkot Metro Bahas Musrenbang di Kelurahan Rejomulyo

Metro, Intisarinews.co.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan.
Dalam Musrenbang tersebut, Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin menyampaikan, Musrenbang ini bertujuan untuk melihat dan mengevaluasi seberapa besar program yang telah di usulkan di tahun-tahun sebelumnya.
“Nah, Musrenbang ini seperti kita harus membuat suatu perencanaan yang baik di setiap tahun. Seperti Musrenbang yang sudah dilaksanakan tahun 2021 itu persiapan untuk di tahun 2022 dan seterusnya,” kata dia, Senin, 30 Januari 2024.
Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan nya, Musrenbang juga sebagai gelaran evaluasi program yang sebelumnya pernah di usulkan.
“Seperti apa yang sudah terlaksana harus di komunikasi kan dengan lurahnya, jangan sampai lurahnya tidak tahu. Misal di tahun 2022, seluruh pembangunan sosial, ekonomi dan infrastruktur sudah dilakukan. Yang bentuknya apa saja dan yang belum maka dilakukan di tahun 2023. Bahkan, yang kemarin belum terlaksana maka harus dilaksanakan di tahun 2024 ini,” jelasnya.
Dalam pengusulan di Musrenbang juga, lanjut Wahdi, tidak semua usulan bisa diakomodir. Sehingga, perlu adanya pembahasan lebih lanjut.
“Jadi tidak mungkin apa yang diminta di suatu kelurahan masyarakat itu akan diberikan semua. Tentu ada asas keseimbangan dan kesetaraan yang dikarenakan dana yang tidak banyak sedangkan semua harus mendapatkan pembangunan,” lanjutnya.
“Kemudian ada yang disebut sebagai publik interest itu keseimbangan dulu. Jadi masyarakat yang mengusulkan melalui pak Lurah dan nanti akan di catat keseluruhan,” imbuhnya. (Man)

Loading