Proyek Tak Betuan Dilampung Utara Diduga Asal Jadi

Tahun 2021 Dinas Pekerjaan Umum Kab. Lampung Utara Mulai Gelar Proyek

LAMPUNG UTARA (ISN) – Infrastruktur memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Keberadaan infrastrukturyang memadai sangat diperlukan seperti halnya infrastruktur jalan dan jembatan.

Ditambah lagi seperti masa pandemi saat ini, pembangunan infrastruktur diharapkan dapat berperan bagi pemulihan ekonomi. Nilai uang yang besar yang ada di sector pembangunan infrastruktur diharapkan dapat segera bergulir di masyarakat. Hal itu tentunya dengan mekanisme dan dengan auturan-aturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Kendati demikian pada pembangunan inspatruktur baik yang dikelola oleh dinas maupun suwasta, tidak kurang menjadi lahan KKN oleh para oknum dan segelintir orang untuk mendapatkan untung lebih dengan cara yang tidak dibenarkan oleh aturan. Sehingga perbuatan tersebut menjurus pada kerugian negara dan masyarakat.

Foto: Bagian batu pada badan jalan mudah terkelupas meski sudah di beri aspal dan abu batu. Lokasi pekerjaan Gg. Merak 9 A kelurahan Tanjung Harapan.

Seperti ditemukannya pekerjaan proyek jalan, berada di kelurahan Tanjung Harapan Gg Merak 9 A, lingkungan V Rt V kecamatan Kotabumi Selatan kabupaten Lampung Utara yang terlihat hampir rampung dikerjakan dengan tanpa papan informasi.

Kemudian ada beberapa pekerjaan di bebrapa lingkungan lainnya di kelurahan Tanjung Harapan yang masih belum di kerjaan. Hal itu Terlihat dari matrial bangunan yang masih menumpuk di sisi jalan. Seperti pada Gg Merak 1, Merak 2, Merak 4, Pandawa 1 Pandawa 2 di kelurahan setempat.

Sementara pekerjaan jalan yang berlokasi di Gg. Merak 9 A selain tanpa papan informasi yang menjelaskan kisaran, sumber anggaran serta pihak mana yang mengerjakan. Meski telah dikonfirmasi pada pihak dinas Pekerjaan Umum pada bidang Bina Marga, Irawan Mustafa staf yang berada dikantor mengatakan, pekerjaan yang sementara terlihat sampai pada peningkatan Lapen tersebut adalah pekerjaan peningkatan jalan Hotmix namun Cv yang mengerjakan pihaknya tidak mengetahui.

 

Foto: Bahan bangunan dan beberapa titik lokasi pada keluarahan Tanjung Harapan disinyalir juga akan dilakukan pekerjaan proyek.

“Itu (Pekerjaan) menunggu jadwal Hotmik. CV nya (kami) tidak tahu tapi (papan) informasinya sebentar lagi akan di pasang, untuk PPTK nya adalah Pairin”jelasnya. Senin 23 Agustus 2021.

Pengerjaan jalan berlokasi di Gg. Merak 9 A dari beberapa titik lainnya di kelurahan Tanjung Harapan, meski kini selesai pada tahap lapen dan pada bagian atas sudah ditaburi abu batu. Namun batu-batu berukuran diperkirakan 2-3 CM yang sudah ditutupi aspal, mudah terkelupas meski tidak di lalui oleh kendaraan.

Dengan mudah terkelupasnya batu-batu pada jalan yang sudah di taburi aspal tersebut, muncul dugaan adanya kecurangan pada pembangunan yang dikerjakan meski tahap pekerjaan baru sampai pada tahap Lapen, oleh pihak yang mengerjakan.

Ditayangkannya berita ini, Pairin selaku PPTK dinas pekerjaan Umum kabupaten Lampung Utara tidak berada dikantor untuk dikonfirmasi, sementara pihak CV yang mengerjakan peroyek dimaksud belum diketahui. Tim Investigasi media intisari masih terus menelusuri.  (Fran)

 

Loading