Sambut Idul Fitri, Para Raja Jukuan Paksi Kepaksian Pernong Pererat Silaturahmi

Bandar Lampung (ISN) – Silaturahmi Keluarga Besar Kepaksian Pernong yang ada di Bandar Lampung yang dihadiri Para Raja Jukkuan Paksi Kepaksian Pernong beserta Perwakilan Raja Jukkuan Paksi Kepaksian Pernong di Gedung Dalom Gotong Royong Bandar Lampung Kepaksian Pernong, Jl. MH. Thamrin No.19-A Gotong Royong, Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung. Minggu Malam (9/5/2021).

Silaturahmi merupakan salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan menyambung ikatan tali kekerabatan yang mana didalam nya terdapat nilai-nilai kebaikan.

Silaturahmi Keluarga Besar Kepaksian Pernong menjadi salah satu agenda utama tahunan di bulan Ramadhan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.
Hal ini dilakukan semata-mata untuk menyambung silaturahmi Keluarga Besar Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong yang ada di Kota Bandar Lampung.

Adapun Raja Jukkuan Paksi merupakan Bangsawan Tinggi Kerajaan yang memegang Suku/Jukku di wilayahnya masing-masing yang mana setiap Raja Jukkuan Paksi membawahi masyarakat adat/kerabat nya dibawah naungan Kepaksian Pernong Sekala Bekhak, Paduka Yang Mulia (PYM) Saibatin Peniakan Dalom Beliau (SPDB) Drs. Pangeran Edward Syah Pernong, S.H., M.H. Sultan Sekala Bekhak Yang Di Pertuan Ke-23, Sultan Kepaksian Pernong Lampung.

Di Kota Bandar Lampung, tercatat dan menetap para Bangsawan Kerajaan/Jamma Balak ni Saibatin Kepaksian Pernong, 16 Raja Jukkuan Paksi Kepaksian Pernong yang hadir dalam silaturahmi rutin tahunan di Gedung Dalom Gotong Royong Bandar Lampung antara lain:
1. Depati Raja Wira Negara (Lamban Kagungan Batin Pekon Awi).
2. Raja Duta Perbangsa (Lamban Ugokhan Batin Canggu).
3. Raja Muka (Lamban Suka khajin Kegeringan).
4. Raja Mulia (Lamban Lunik Pekon Awi).
5. Raja Utama (Lamban Sukamaju Suka Khajin Kegeringan).
6. Raja Akkat Jaman (Lamban Akkat Jaman Kappung Batin).
7. Raja Kuta Negara (Lamban Suka makhga Pekon Awi).
8. Raja Wiro (Lamban Banjakh).
9. Raja Susunan (Lamban Bandakh Pekon Awi).
10. Raja Imbangan (Lamban Suka Maju Kutabesi).
11. Raja Teguh (Lamban Kejayaan Kegeringan).
12. Raja Itton (Lamban Balak).
13. Raja Singgalang (Lamban Lunik Pekon Balak)
14. Raja Kapitan (Isi Gedung Dalom)
15. Raja Permata Putra (Lamban Bandakh Agung Pekon Awi).
16. Raja Makku (Lamban Parda Suka Sukabumi).

Beserta 14 Perwakilan Raja Jukkuan Paksi Kepaksian Pernong antara lain:
1. Pwk Raja Niti
2. Pwk Raja Puting Marga (Lamban Suka Banjakh Canggu).
3. Pwk Raja Semula Jaya
4. Pwk Raja Semuka Dalom (Lamban Banjakh Agung Kutabesi).
5. Pwk Raja Simbangan Dalom (Lamban Gemuttukh Agung Kutabesi).
6. Pwk Raja Purba (Lamban Gemuttukh Agung Kegeringan).
7. Pwk Raja Juhan (Lamban Kagungan Kappung Batin)
8. Pwk Raja Batin (Lamban Bandung Kappung Batin).
9. Pwk Raja Sangun (Lamban Gajah Minga)
10. Pwk Raja Kesuma Wijaya (Lamban Undokh Kegeringan).
11. Pwk Raja Pendaksa (Lamban Pekuwon).
12. Pwk Raja Turja (Lamban Sukazaman Sukakhajin).
13. Pwk Raja Nusirwan (Lamban Sukajaya Sukakhajin).
14. Pwk Raja Paksi (Lamban Keratun)

Hadir juga Anwar kerabat Gedung Dalomasar ranau yang menetap di Bandar Lampung, Perwakilan PSMTI Puakhi Pungsu Mamak Andi Tarmizi Tanjugan dan Mamak Sukardi, Kerabat Gedung Dalom Mamak Christian William.

Menerima tali asih atau pengahut tanda keminak muakhian dari Yang Mulia Pangeran Alprinse Syah Pernong, Putra Mahkota Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Lampung, yang diwakili oleh Humas “Hanggum Jejama” Humas Kepaksian Pernong Lampung.

Melalui sambungan telepon Pangeran Alprinse Syah Pernong mengatakan, pada prinsipnya saya ingin hadir langsung bersilaturahmi dengan minak muakhi/kerabat ku Para Raja Jukkuan Paksi Kepaksian Pernong yang ada di Bandar Lampung, akan tetapi dikarenakan satu dan lain hal saya tetap di Gedung Dalom Pondok Labu Jakarta, terkendala wabah Covid-19.

“Saya membeikan mandat kepada Humas Kepaksian Pernong untuk menyampaikan pesan dan tali kasih kepada Para Bangsawan Kerajaan/Raja Jukkuan Paksi dan seluruh kerabat yang ada di Bandar Lampung sebagai tanda seingok’an, sehangguman, seandanan, saling menjaga keminak muakhian, kita harus mematuhi peraturan pemerintah ditengah Wabah Covid-19 tetap menjaga 3M, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, dan di bulan yang suci ini kita harus tetap istiqomah mejaga dan merawat ikatan kekerabatan khususnya kepada kerabatku yang ada di Bandar Lampung,” ujar Pangeran Alprinse Syah Pernong.

“Selamat menjalankan ibadah puasa, minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M,“ Pungkas Pangeran Alprinse Syah Pernong.

Disisi lain Raja Imbangan mewakili para Raja Jukkuan Paksi Kepaksian Pernong menyampaikan, terimakasih yang tak terhingga wabil khusus kepada PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong dan YM Putra Mahkota Pangeran Alprinse Syah Pernong beserta keluarga inti Gedung Dalom atas pengahut sebagai tanda bahwa Saibatin Kepaksian Pernong dan tatanan adat dibawahnya tetap menjaga nilai nilai kekerabatan satu kesatuan yang utuh sesuai dengan tradisi adat yang dijaga.

“Semoga keluarga besar Gedung Dalom Kepaksian Pernong senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan diiringi kemuliaan,” ucap Raja Imbangan. (*)

Loading