Sekum DPP AJOL Sukses Sandang Predikat UKW Madya di Dewan Pers

Lampung, Intisarinews.co.id – Sekretaris Umum (sekum) DPP AJOL, Pazri Romi satu-satunya wartawan asal Lampung di putaran akhir Uji Kompetensi Wartawan (UKW) fasilitas Dewan Pers di tahun 2023, berhasil sandang predikat kompetensi wartawan tingkat Madya.

Hal itu sebagaimana yang dikatakan oleh Pimpinan BlogGua, Bu Mei sapaan akrabnya, Kotabumi, Lampung Utara, Lampung, Minggu (15/10/2023).

“Ya, kita merekomendasikan Pazri untuk ikut UKW Madya sebagai peserta UKW DKI Jakarta. Alhamdulillah di sesi pengumuman usai melaksanakan ujian tersebut, para peserta UKW Madya saat itu dinyatakan kompeten oleh lembaga uji,” tutur Bu Mei.

Kegiatan tersebut, lanjut Bu Mei, dilakasanakan selama 3 hari, yakni: pada tanggal 12 s.d 14 Oktober 2023 di Merlynn Park Hotel, Jakarta Pusat, DKI Jakarta dan dari 60 peserta yang mengikuti, ada 1 orang yang dinyatakan belum kompeten pada jenjang Muda.
“Dewan Pers memberi kesempatan putaran akhir pada tahun 2023 ini kepada 3 lembaga uji untuk melaksanakan UKW di Jakarta, yakni: Lembaga UKW Kompas, Lembaga UKW Tempo dan Lembaga UKW FIKom UPDM(B) dan Pazri peserta dari Lembaga UKW Fikom UPDM(B),” imbuhnya.

Tahun 2017 lalu, beber Bu Mei, BlogGua merekomendasikan 4 orang wartawan hingga sukses meraih predikat UKW Muda. Namun dari 4 orang tersebut, sejauh ini Pazri yang tetap dan terlihat semangat ingin meningkatkan keprofesionalannya sebagai wartawan, maka ia diberi rekomendasi kembali.

“Selamat ya buat om Pazri, tetap semangat. Alhamdulillah saat ini kedua petinggi jajaran redaksi di BlogGua sudah Madya, semoga selangkah lagi predikat yang harus dicapai,” harapnya.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP Asosiasi Jurnalis Online Lampung, Romzi Hermansyah juga mengucapkan selamat kepada sekretaris umumnya itu.

“Selamat Sekum AJO Lampung dengan begini menjadi efek buat rekan – rekan AJOL. Semoga dapat menggelar di Lampung,” katanya.

Sementara itu, Pazri Romi merasa sangat bahagia dan mengaku terharu atas capaiannya itu.

“Saat ini memang ada ribuan wartawan di Indonesia yang sudah UKW. Namun history perjuangan ku naik ke tingkat Madya ini yang membuat ku terharu,” candanya.

Di samping itu, Pazri mengingatkan sekaligus mengajak semua rekan wartawan yang tergabung di AJOL agar selalu optimis dan terapkan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) sebagai pedoman saat bertugas.

“Mari kita amalkan juga amanat UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan semua bentuk peraturan dan pedoman yang ditetapkan oleh Dewan Pers,” imbuhnya.

Tidak lupa, Pazri pun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dewan Pers dan Lembaga UKW yang sudah memberi kesempatan berikut jejaring dan para sahabat serta orang-orang terkasih yang selalu memberi support.

“Semoga history ku ini juga dapat menjadi sebuah tanda untuk kita berkembang dan semakin profesional,” ujarnya mengakhiri telepon. (*/AJOL)

Loading