Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Politeknik Kelautan Perikanan Lampung di Hadiri Bupati Tanggamus

TANGGAMUS (ISN) – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri Acara Peningkatan Status SUPM menjadi Politeknik Kelautan Perikanan Lampung, sekaligus Peletakan Batu pertama Pembangunan Gedung Politeknik Kelautan Perikanan Lampung, di SUPMN Kota Agung, Kamis 28/11/ 2019.

Turut hadir Anggota Komisi IV DPR RI Sudin, Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto,Ir R Syarif Wijaya Ph D Friana Dinas Kkp,Wakil Bupati Hi. AM Syafii, Forkopimda Tanggamus, Sekdakab Tanggamus, Kalapas Kelas IIB Kota Agung, para Kepala OPD Pemkab Tanggamus.

Bupati Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, mulai Tahun 2020 rencananya Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Kota Agung akan bertransformasi meningkat menjadi Pendidikan Tinggi.

“Seiring dengan pengembangan Revolusi Industri 4.0 dan program Menuju SDM unggul di era milenial. Maka pengembangan pendidikan dengan sistem vokasi menjadi salah satu pilihan untuk pengembangan SDM Perikanan di Wilayah Lampung.”

“Untuk penyiapan Kampus ini, kami Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menyiapkan lahan tanah untuk kampus tersebut. Dari semula, kami di jajaran Pemerintah dan masyarakat Tanggamus sangat mendukung pembangunan Perguruan Tinggi dibidang perikanan dan kelautan tersebut, karena dengan wilayah laut yang luas dan proyek Kawasan Industri Maritim yang akan hadir di Tanggamus, maka keberadaan Perguruan Tinggi atau Politeknik Kaluatan dan Perikanan sangat besar peranannya Sehingga lulusan Kampus Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan ini akan menjadi SDM yang memiliki kualitas dan kompetensi,” ujar Bupati.

Sementara Ketua Komisi IV DPR-RI Sudin mengatakan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya di tetapkan dengan undang undang, dimana memiliki potensi produksi perikanan sebesar 26,46 juta ton, jumlah pulau sebanyak 17.508 dan luas perairan 5,8 juta Km2.

“Saya selaku Ketua Komisi IV DPR-RI, merasa bangga dan saya sangat mengapresiasi kepada pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab. Tanggamus yang menghibahkan tanah kepada BRSDMKP dari status setingkat SUPM menjadi Politeknik,” kata Sudin.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut dilakukan juga Penandatanganan Berita Acara Hibah Provinsi dan Hibah Kabupaten Tanggamus serta Peletakan Batu Pertama Pembangunan Politeknik oleh Bupati Tanggamus dan semua Pejabat yang hadir. (*)

Loading