Kades Sidang Muara Jaya Bagikan BLT Sesuai Petunjuk Tehknis

MESUJI (ISN) – Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa bisa menjadi solusi yang tepat dalan penanggulangan dampak Covid-19, anggaran ini juga bisa memperkuat peran Pemerintahan di Desa. Dan dapat menjadi bukti kepedulian dan tanggung jawab Pemerintah di Desa terhadap kebijakan dalam mengatasi dampak Pandemik Covid-19.

Menurut Benuang Ali Topan,yang merupakan Kepala Desa Sidang Muara Jaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara, Kabupaten Mesuji, mengatakan, dalam merealisasi dana Bantuan Langsung Tunai tersebut, merupakan pada tahapan pertama ini telah menyalurkan bantuan tersebut sesuai dengan mekanisme dan petunjuk tehknis, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.Senin (18/05).

Lanjut Kepala Desa, bahwa dalam penyaluran itu, juga disaksikan langsung oleh Stap Kecamatan Rawa Jitu Utara, Babinkantibmas, pendamping Desa, Pol PP, Linmas serta seluruh aparatur Desa Sidang muara Jaya, dan penyaluran berjalan lancar, transparan, tepat sasaran sesuai data yang berhak menerimanya.

“Saya bersama staf, telah membagikan BLT kepada masyarkat Desa Sidang Muara Jaya pagi ini,” Kata Topa sapaan akrabnya, kepada Media Kompas Lampung.

“Prinsip saya, ini uang masyarakat, uang mereka, saya tidak mau berlama – lama untuk memberikan kepada mereka, setelah melakukan pendataan, saya langsung salurkan, ini penyaluran yang pertama di Desa Sidang Muara Jaya,” Imbuhnya.

Lebih lanjut lagi dia mengatakan, Jumlah Kepala Keluarga atau KK yang telah mendapatkan Bantuan Langsung Tunai, berjumlah 118 KK dengan besaran bantuan secara totalnya Rp.600 ribu per orang.

“Saya berharap, selaku Kepala Desa dan pribadi serta Pemerintah Desa secara Kolektif bantuan yang telah disalurkan ini, bisa benar – benar di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, rumah tangga masing – masing selama beberapa bulan ke depan sampai dampak Covid-19 ini dinyatakan normal kembali,” Katanya lagi.

Dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Covid-19, Kata Kapala Desa, dirinya bersama Staf Desa Sidang Muara Jaya telah melakukan berbagai langkah preventatif, berupa pemasangan baliho, sosialisasi dan himbauan langsung kepada masyarakat, juga melakukan penyemprotan Disinfektan ditempat umum maupun di rumah – rumah masyarakat serta membagikan masker secara gratis.

“Untuk itu, saya mengingatkan kepada masyarakat yang ada di Desa Sidang Muara Jaya untuk tetap mengikuti intruksi Pemerintah, jaga jarak, selalu cuci tangan dengan sabun dan selalu menggunakan masker jika keluar untuk beraktifitas di luar rumah, Pungkasnya. (Renol/Kpl)

Loading